Rujak Es Krim Pak Nardi, Pertama Di Daerah Pakualaman Yogyakarta

3.7/5 - (11 votes)

Rujak Es Krim Pak Nardi merupakan salah satu legenda kuliner rujak Es krim di daerah Pakualaman Yogyakarta. Warung kakilima ini merupakan warung rujak es krim yang pertama kali buka sejak tiga dekade lebih. Bisa dibilang, warung rujak es krim ini merupakan salah satu pioner kuliner rujak es krim di Yogyakarta. Hanya saja saat ini namanya kalah tenar dengan penjual rujak es krim di lapangan Sewandanan yang lokasinya berdekatan karena letaknya kalah startegis.

Rujak Es Krim Pak Nardi (Sunardi) terletak di Jalan Harjowinatan, kelurahan Purwokinanti, kecamatan Pakualaman, kota Yogyakarta.

Gerobak Rujak Es Krim Pak Nardi Yogyakarta

Lokasi Rujak Es Krim Pak Nardi berada di sisi barat tembok luar Pura Pakualaman Yogyakarta atau barat kestalan yang biasanya digunakan sebagai lokasi berlatih olahraga panah. Warung tersebut membuka dagangannya di trotoar jalan dan tepatnya dibawah pohon mlinjo. Rute dari titik nol kilometer ke arah timur menuju Puro Pakualaman. Dari lapangan Sewandanan ambil jalan ke kiri atau ke barat ke arah Masjid Besar Kauman Pakualaman dan Kestalan. Posisi warung ini berada di sebelah utara pertigaan samping Kestalan seberang penjual papan tulis.

Pengunjung Rujak Es Krim Pak Nardi Yogyakarta dipersilakan parkir secara rapi di tepi jalan untuk memperlancar lalulintas. Petugas parkir tidak tersedia di sekitar warung ini seperti di warung kakilima yang ramai pengunjung pada umumnya. Namun sepertinya tidak terlalu mengganggu kelancaran lalu lintas karena jalan yang berada di depannya merupakan jalan kecil yang jarang dilewati kendaraan.

Baca Juga  Sate Ayam Sidomoro, Alternatif Kuliner Sate Ayam Di Kota Magelang

Kesibukan Pak Nardi Dalam Menyajiakn Rujak Es Krim

Pengunjung yang ingin menikmati Rujak Es Krim Pak Nardi dipersilakan duduk di kursi plastik atau duduk lesehan di alas tikar. Menu utama dan satu-satunya yang ditawarkan di warung kakilima ini adalah rujak es krim khas Yogyakarta. Penyajian rujak es krim menggunakan mangkuk kecil sedikit lebih bsar dari alas cangkir. Pada bagian dasar mangkuk berisi rujak buah yang diserut kemudian dilapisi dengan es krim yang terbuat dari santan atau yang lebih dikenal dengan nama es puter.

Cita rasa yang ditawarkan dari Rujak Es Krim Pak Nardi ini tidak berubah dan sama seperti dahulu kala. Rujak buah terdiri dari serutan bermacam-macam buah seperti bengkoang, pepaya, jambu, mangga, nanas, dan mentimun. Kombinasi serutan buah dan bumbu rujak menjadikan rasa rujak buah yang lezat dan segar dilidah. Tambahan es krim atau es puter menambah cita rasa sajian rujak buah menjadi istimewa dan lebih manis di mulut. Bila ingin sensasi rasa pedas disediakan sambal cabe yang diletakkan di dalam wadah terpisah.

Sajian Rujak Es Krim Pak Nardi Yogyakarta

Rasa rujak es krim yang pedas, asam, asin, manis, dan gurihnya es krim bercampur menjadi satu dan memberikan rasa yang cukup unik. Bila kondisi tubuh sedang lapar, seporsi rujak es krim terasa kurang karena bukan porsi besar. Menurut pendapat pribadi, cita rasa Rujak Es Krim Pak Nardi ini memang paling enak dibandingkan rujak es krim lain yang ada disekitar Pakualaman. Bagi penikmat rujak es krim pasti sudah hapal dengan cita rasa yang ditawarkan oleh warung ini.

Baca Juga  Mie Ayam Bakso Prima Rasa, Kuliner Legendaris Dari Semanu Gunungkidul

Warung Rujak Es Krim Pak Nardi Yogyakarta tidak membuka cabang dimanapun apalagi membuka usaha pelatihan pembuatan rujak es krim. Pelanggan Warung ini merupakan satu-satunya dan yang pertama sesuai dengan slogan yang dibuat. Diharapkan pelanggan atau orang lain jangan tertipu dengan orang yang mengatasnamakan warung rujak es krim tersebut. Saat ini warung rujak Es Krim Pak Nardi memerima pesanan untuk acara keluarga, syukuran, reunian, hingga pernikahan. Harga yang ditawarkan cukup murah untuk ukuran seporsi rujak es krim di pusat kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Rujak Es Krim Pak Nardi
Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta 55112
Telp: 085743535573

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 hingga menjelang sore

Harga
Rujak Es Krim : Rp 5.000,-

Kirim pendapat