Rujak Cingur Pak Tono Tukangan, Salah Satu Rujak Cingur Terenak di Yogyakarta

Rujak Cingur Pak Tono Tukangan, Salah Satu Rujak Cingur Terenak di Yogyakarta
1.7 (33.33%) 9 votes

Rujak Cingur Pak Tono Tukangan merupakan warung yang menyajikan menu utama berupa rujak cingur khas Jawa Timur di Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal oleh pecinta kuliner rujak cingur karena rasanya yang khas dan tidak mengecewakan. Warung rujak cingur ini pada awalnya merupakan warung kakilima namun sekarang telah menempati kios di bangunan Rusunawa Jagalan.

Warung Rujak Cingur Pak Tono atau lebih sering dikenal Rujak Cingur Tukangan Lempuyangan saat ini pindah alamat di Rusunawa Jagalan Yogyakarta. Dahulu warung ini menempati area trotoar di Jl. Ledok Tukangan Yogyakarta. Rujak Cingur merupakan makanan khas Jawa Timur dan banyak dijumpai di kota Surabaya.

Warung Rujak Cingur Pak Tono Lempuyangan

Lokasi Warung Rujak Cingur Pak Tono saat ini berada di kawasan Rusunawa Jagalan Yogyakarta. Rute mudahnya dari perempatan Hotel Melia Purosani ke arah timur melewati jembatan sungai Code dan posisi Rusunawa Jagalan berada tepat di tepi sungai tersebut. Kendaraan dapat diparkir di tepi jalan karena Rusunawa atau rumah susun tersebut tidak menyediakan area parkir.

Gerobak Warung Rujak Cingur Pak Tono Lempuyangan

Kendaraan pengunjung Warung Rujak Cingur Pak Tono biasanya diparkir di tepi jalan atau di trotoar dekat warung. Disarankan untuk mengunci kendaraan dan mengamankan barang bawaan karena tidak ada petugas parkir di warung ini. Pengunjung langsung menghampiri penjual untuk memesan menu yang ada di warung tersebut. Warung Rujak Cingur Pak Tono hanya menyediakan tiga pilihan menu antara lain rujak cingur, gado-gado, dan lotek. Pengunjung dipersilakan duduk di tempat yang disediakan setelah selesai memesan.

Ruangan sempit Warung Rujak Cingur Pak Tono membuat sebagian pengunjung lebih memilih duduk di pinggir gang jalan masuk kampung yang berada di sebelah warung. Namun bila duduk di pinggir jalan tidak disediakan meja makan seperti di dalam warung. Pengunjung harus bersabar menunggu pesanannya selesai diracik karena penyajiannya dilakukan satu per satu. menjelang siang hari, Antrian pengunjung di warung ini cukup panjang karena banyak orang memilih membeli santapan siang di warung ini.

Antrian Pelanggan Rujak Cingur Pak Tono Lempuyangan

Setelah menunggu lama akhirnya pesanan rujak cingur khas Jawa Timur tersaji bersama dengan minuman yang dipesan. Penyajian rujak cingur cukup sederhana diatas piring kaca dengan taburan kerupuk berwarna kuning-kekuningan. Bau petis yang digunakan cukup menyengat dan membuat tidak sabar untuk segera menyantapnya. Sedikit informasi tingkat pedasnya rujak cingur disesuaikan selera pembeli dan biasanya dituliskan jumlah cabe saat memesan menu.

Rasa rujak cingur Warung Pak Tono Lempuyangan cukup enak dengan komposisi penyusun rujak cingur yang seimbang. Tidak ada dominasi bahan penyusun tertentu meskipun kita boleh meminta pesanan khusus misalnya tanpa ketupat tahu atau ditambah irisan tahunya. Rasa petisnya cukup enak meskipun masih kalah dari tempat aslinya, namun setidaknya mampu mengobati rasa kangen penyuka rujak cingur tanpa harus jauh-jauh datang ke Surabaya (Jawa Timur).

Rujak cingur terdiri dari irisan moncong sapi (cingur), beberapa buah seperti timun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang, gula/gula merah, cabe, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang klutuk.

Sajian Rujak Cingur Warung Pak Tono Lempuyangan

Harga yang ditawarkan cukup murah untuk jenis makanan yang menggunakan potongan daging sapi meskipun hanya bagian moncong sapi (cingur) saja. Ukuran warung yang sempit memberikan pilihan lain untuk pelanggan yaitu pesanan dibungkus dibawa pulang agar lebih nyaman saat menyantapnya. Beberapa menu lain yang disediakan di Warung Rujak Cingur Pak Tono Tukangan Lempuyangan seperti gado-gado dan lotek cukup menarik untuk dicoba. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Rujak Cingur Pak Tono (pindah alamat/alamat baru)
Rusunawa Jagalan lantai 2, Jl. Juminahan Yogyakarta (Sebelah timur jembatan Sungai Code)
Telp: 081228818031

Harga
Rujak Cingur : Rp 15.000,-
Gado-Gado : Rp 12.000,-
Lotek : Rp 12.000,-

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ch indah || ABCON III:

    Oh ya terimakasih infonya.. saya termasuk pecinta rujak cingur, lumayan buat tambah refrensi. Hehe. Oh ya sya mw bagi refrensi juga, kalau selama ibu favorit saya rujak cingur tu beli di Rujak Cingur Bu Marjono. Alamatnya di timur lapangan madukismo, tepatnya jogonalan lor RT 02 ,Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Ketika saya makan disana ternyata pemain persiba bantul Ugik Sugiyanto dan juga bpk(alm) Agus Wiyarto salah satu teman dekat pak Gusdur dan mbah marijan juga sedang makan dsana. Saya sempat mengobrol katanya Rujak Cingur paling enak di jogja itu adalah Rujak Cingur Bu Marjono timur lapangan madukismo..

  2. Lik Sardi:

    Maaf mas admin, saya dapat perintah dari pak Tono pemilik warung rujak cingur tersebut diatas, mohon dikoreksi karena alamat warungnya sekarang sudah pindah di alamat berikut : Rusunawa Jagalan lantai 2, Jln. Juminahan. (Sebelah timur jembatan sungai Code). Terimakasih sebelumnya.. No
    Hp. Pak Tono : 081228818031

Kirim pendapat