Pemotongan Ayam Di RPA Pasar Terban Yogyakarta

Rumah Potong Ayam (RPA) Pasar Terban merupakan salah satu tempat pemotongan ternak ayam di sekitar kota Yogyakarta. Tempat pemotongan ini melengkapi keberadaan Pasar Terban yang dikenal sebagai tempat jualbeli ternak ayam dan ternak unggas. Pengunjung Pasar Terban yang membeli ternak ayam atau unggas dapat langsung menyembelihkan atau memotongkan langsung ke Rumah Potong Ayam tersebut.

Rumah Potong Ayam (RPA) Pasar Terban terletak di belakang Pasar Terban, Jalan C. Simanjuntak, kelurahan Terban, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta.

Suasana RPA Pasar Terban Yogyakarta

Lokasi Rumah Potong Ayam (RPA) Pasar Terban berada di belakang bangunan Pasar Terban Yogyakarta. Posisi Pasar Terban sebenarnya hanya beberapa puluh meter ke arah utara dari pertigaan Jalan Jendral Sudirman Yogyakarta dan Jembatan Gondolayu. Namun karena jalan satu arah, pengunjung pasar ini harus memutar jalan melewati perempatan Jetis utara Tugu Yogyakarta atau Bundaran UGM ke arah barat. Posisi Pasar terban dari arah utara setelah Ruko YAP Square dan sebelum SPBU Terban Yogyakarta.

Rumah Potong Ayam (RPA) Pasar Terban Yogyakarta hanya melayani pemotongan ternak ayam dan ternak unggas saja. Tidak seperti rumah pemotongan ayam skala besar yang menyediakan daging ayam beku hingga olahan daging ayam. Rumah Pemotongan Ayam di pasar ini terbagi dalam beberapa usaha pemotongan skala kecil dimana masing-masing usaha mempekerjakan 5 (lima) hingga 8 (delapan) orang. Proses pemotongan ayam atau unggas menggunakan sistem semi manual dimana proses penyembelihan secara manual dengan pisau tajam. Hal ini untuk menjaga kehalalan daging yang disembelih dan sesuai dengan tata cara penyembelihan hewan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selanjutnya proses pembersihan serta pencabutan bulu ayam dengan menggunakan mesin. Terakhir proses pembersihan jerohan dan pemotongan dilakukan secara manual oleh pekerja atau petugas pemotongan.

Baca Juga  Pasar Hewan Di Ponorogo

Pelanggan Rumah Potong Ayam Pasar Terban Yogyakarta sebagian besar merupakan pedagang ayam (unggas) di area pasar, pedagang daging segar, dan para pengusaha kuliner di sekitar Yogyakarta yang berbahan baku utama daging ayam atau unggas. Namun masyarakat umum juga bebas melakukan pemotongan unggas di RPA tersebut tanpa adanya batas minimal. Biaya jasa pemotongan unggas atau ayam sekitar Rp 2.000,- setiap ekor. Biaya jasa pemotongan unggas tersebut cukup terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. Selain itu pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar tidak memotong unggas sendiri dan menyerahkannya ke Rumah Potong Ayam karena daging ayang yang dipotong lebih bersih dan tidak perlu bersusah payah untuk membersihkan kotorannya. (text/foto: annosmile)

BERITA

2/07/2016 – Biaya pemotongan ayam di Rumah Potong Ayam (RPA) Pasar Terban naik menjadi Rp 5.000,- menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Madumoe Top:

    Dengan kita menyerahkan pemotongan ayam ke tempat biasa seperti di Pasar Terban itu maka hasil bersih dan bisa langsung di masak, ya gan…

Kirim pendapat