RM Seger Waras, Mencicipi Ayam Goreng Khas Gunungkidul

Rumah Makan Seger Waras merupakan salah satu rumah makan yang berada di tepi Jalan Raya Jogja-Wonosari yang melewati wilayah kecamatan Patuk Gunungkidul. Keberadaannya cukup dikenal karena sudah cukup lama berdiri di tepi jalan tersebut sekitar 2 (dua) dekade tahun lalu. Menu utamanya adalah ayam kampung goreng dengan bumbu khas Gunungkidul.

RM Seger Waras beralamat di Jalan Jogja-Wonosari, Karangsari, Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta 55862.

Lokasi RM Seger Waras berada di tepi Jalan Raya Jogja-Wonosari dekat dengan jembatan. Area parkir yang disediakan rumah makan menggunakan area tepi jalan namun tidak mengganggu lalu lintas kendaraan yang melintas. Tempat duduk yang disediakan cukup luas dan mampu menampung romobongan kecil. Hanya saja pada musim-musim tertebtu, tempat ini banyak lalatnya dan hal ini tidak diantisipasi oleh pengelola sehingga membuat sebagian pengunjung orang nyaman.

Menu utama yang ditawarkan RM Seger Waras adalah ayam kampung goreng disamping warung ini menyediakan menu lain seperti ayam bakar, bebek goreng, bebek bakar, lele goreng, lele bakar, nila goreng, nila bakar, dan sebagainya. Untuk pilihan menu minuman tergolong standar seperti teh, jeruk., dan softdrink.

Penyajian ayam goreng di RM Seger Waras disajikan terpisah dengan nasi berikut sayur dan sambal lalapan. Ukuran ayam goreng cukup besar dan benar-benar terlihat seperti potongan daging ayam kampung khususnya ayam jago/ayam jantan. Walaupun menurut kami ukurannya amsih lebih kecil dibandingkan ukuran daging ayam kampung di Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung di Bantul. Kematangan daging cukup pas dan saat dikunyang cukup empuk. Bumbu pada daging ayam cukup meresap dengan dominasi rasa gurih dan sedikit manis. Sambal mentahnya terasa cukup pedas meskipun sambal matangnya kurang pedas dan lebih ke arah rasa manis.

Baca Juga  Mie Ayam Pak Parwito Nglipar, Sajian Mie Ayam Dengan Daging Ayam Kampung

Harga yang ditawarkan RM Seger Waras tergolong agak mahal untuk harga makanan dan minuman di sekitar Gunungkidul. Secara keseluruhan RM Seger Waras dapat menjadi alternatif pilihan bersantap baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam di tepi Jalan Wonosari dan sekitar Patuk-Nglanggeran dan lebih direkomendasikan daripada Ayam Goreng Pak Parman Wonosari. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
RM Seger Waras
Jl. Jogja-Wonosari, Karangsari, Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta 55862

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 07.45 s/d 22.00 WIB

Kirim pendapat