Sajian Gudeg Manggar Di RM Manggar Manding Bantul

Rumah Makan Manggar Manding merupakan daya tarik kuliner baru yang berada di jalan Parangtritis Bantul. Sajian utama yang ditawarkan oleh rumah makan ini adalah gudeg manggar yang diolah dari bunga pohon kelapa. Gudeg manggar merupakan sajian kuliner yang banyak ditemukan di selatan Yogyakarta khususnya di daerah Bantul dan sekitarnya.

Rumah Makan Manggar Manding berada di jalan Parangtritis KM 11,5 Bantul, Yogyakarta. Rumah Makan Manggar Manding memiliki konsep tradisional natural dengan hidangan masakan khas Jawa.

RM Manggar Manding Bantul Dari Depan

Lokasi Rumah Makan Manggar Manding berada di jalur utama penghubung antara kota Yogyakarta dengan Pantai Parangtritis tepatnya di daerah Manding Bantul. Rute menuju rumah makan ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Jalan Parangtritis. Posisinya sebelah selatan dari perempatan lalu lintas Manding i Jalan Parangtritis. Pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi Rumah Makan Manggar Manding tidak akan kesulitan menemukan tempat ini.

Kesan mewah tampak ketika pengunjung tiba di depan Rumah Makan Manggar Manding. Bangunan Rumah Makan Manggar Manding menggunakan desain rumah bergaya tradisional yang selaras dengan alam. Meja kursi yang disediakan terbuat dari kayu tebal namun dengan proses pengerjaan secara modern. Pengunjung langsung disambut dengan ramah oleh pelayan ketika datang memasuki salah satu ruangan Rumah Makan Manggar Manding. Daftar menu yang disajikan cukup lengkap dengan daftar harga dan contoh gambar.

Interior RM Manggar Manding Bantul

Menu Gudeg Manggar yang menjadi sajian utama Rumah Makan Manggar Manding menjadi pilihan kami bersantap di rumah makan ini. Gudeg manggar yang kami pesan sepaket dengan nasi per porsi disajikan dengan menggunakan piring rotan yang diberi alas daun pisang. Dalam seporsi gudeg manggar dengan lauk ayam suwir telur terdiri dari nasi, gudeg manggar, sambal krecek, ayam suwir, 1 telur, dan 1 tahu bacem.

Gudeg Manggar adalah sajian kuliner yang telah berusia lebih dari 500 tahun lalu sejak zaman kerajaan Mataram Islam. Dalam sejarahnya, gudeg manggar ditemukan oleh putri Panembahan Senopati yang bernama Sekar Pembayun sekaligus istri dari Ki Ageng Mangir Wanabaya. Saat tinggal di tanah Mangir, Sekar Pembayun melihat potensi pohon kelapa yang banyak tumbuh dan menjadi pencaharian utama penduduk. Kemudian dibuatlah sajian gudeg manggar dari bunga kelapa dan sejak saat itu menjadi sajian masakan baru di sekitar Mangir.

Seiring berjalannya waktu, masakan gudeg manggar mulai menyebar ke seluruh penjuru Bantul serta mulai disajikan pada acara perayaan keagamaan, pesta pernikahan, dan syukuran. Namun keberadaannya sempat langka karena masyarakat mulai meninggalkannya. Saat ini gudeg manggar mulai banyak ditemui karena mulai banyak orang ingin mencicipi hidangan yang telah melegenda ini.

Tempat Duduk Pengunjung RM Manggar Manding Bantul

Rasa gudeg manggar dibandingkan gudeg biasa tidak jauh berbeda karena menggunakan bumbu dan proses pengolahan yang sama. Gudeg manggar di Rumah Makan Manggar Manding berjenis gudeg kering sama seperti sajian gudeg di sekitar Wijilan Yogyakarta. Proses pemasakannya menggunakan bahan yang berkualitas dan bersih untuk mempertahankan cita rasa yang ditonjolkan.

Baca Juga  Pasar Pleret, Dulunya Dibangun Pabrik Gula Kedaton Pleret

Bila bukan penikmat gudeg atau orang yang terbiasa makan gudeg akan susah membedakan rasa antara gudeg manggar dengan gudeg biasa yang terbuat dari nangka muda. Mereka yang baru pertama kali mencicipi kuliner gudeg manggar ini akan berkomentar enak dan unik karena belum memiliki perbandingan rasa dengan gudeg manggar ditempat yang lain. Hanya sedikit orang yang mengatakan bahwa rasa gudeg manggar itu aneh karena mungkin belum terbiasa dengan makanan tersebut. Hal yang menjadi koreksi justru buka dari masakannya melainkan pilihan sajian gudeg manggar yang terbatas macam berikut lauknya. Beberapa jenis lauk yang menjadi favorit pengunjung kuliner gudeg tidak terdapat di rumah makan ini sebut saja kepala ayam, cakar ayam, dan jerohan ayam.

Sajian Gudeg Manggar Di RM Manggar Manding Bantul

Selain gudeg manggar, Rumah Makan Manggar Manding menyediakan menu lain yang tidak kalah menarik seperti brongkos, ayam goreng, ikan gurameh organik, olahan ikan tawar, serta bermacam-macam sayur dan sambal. Tidak ketinggalan pula beragam jenis minuman mulai minuman tradisional hingga beraneka macam jus buah-buahan yang menggoda selera. Namun beberapa menu yang tercantum dalam daftar menu tidak tersedia karena ketiadaan stok dan tidak diberitahukan kepada pelanggan. Hal ini sebagai koreksi dan semoga pelayanannya lebih baik lagi.

Saat ini sajian kuliner gudeg manggar bukan merupakan kuliner langka karena sudah banyak ditemukan di warung-warung dan rumah makan yang tersebar di wilayah Yogyakarta. Keberadaannya tetap menarik untuk dicicipi dan sebagai variasi olahan gudeg. Rumah Makan Manggar Manding dapat dijadikan salah satu pilihan dalam bersantap gudeg manggar ketika melewati jalan Parangtritis atau berada di seputar daerah Manding. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk kuliner yang sempat langka ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Rumah Makan Manggar Manding
Jl. Parangtritis km 11.5, Manding, Bantul, DI Yogyakarta
Telp: (0274) 368707
Email : manggarmanding@yahoo.co.id
Website : http://manggarmanding.com

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Yoga Purnama Putra:

    tempatnya bersih…. boleh coba deh kapan-kapan kalau main ke bantul…

  2. kombor:

    Masak manggarnya langsung dicampur di gudegnya ya?

    • admin:

      Hi Kombor, bahan gudegnya pake manggar bukan pake nangka muda lagi :-)

Kirim pendapat