RM Lestari Secang, Antara Nostalgia Dan Berubahnya Cita Rasa Masakan

RM Lestari Secang, Antara Nostalgia Dan Berubahnya Cita Rasa Masakan
Rate this post

Rumah Makan Lestari merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan menu masakan Jawa di dekat Terminal Bus Secang Magelang. Rumah makan ini dikelola oleh Lestari Grup yang juga menaungi usaha lain yaitu Toko Oleh-oleh Lestari, Bakso Tritis, Toko Sembako Putra Lestari, dan Toko Busana Muslim Arrohmah, Nitasari Souvenir. Rumah makan ini berdiri lebih dari 3 (tiga) dekade tahun yang lalu dan masih bertahan hingga saat ini. Tidak heran bila tempat menyimpan kenangan bagi sebagian orang diman pada zaman dahulu sebagai tempat bersantap ketika transit menaiki bus di Terminal Bus Secang.

Rumah Makan Lestari terletak di Jalan Raya Secang – Magelang km 10, kecamatan Secang, kabupaten Magelang 56195.

Lokasi salah satu cabang Rumah Makan Lestari berada di depan Terminal Bus Secang. Rute dari pusat kota Magelang menuju ke arah utara atau ke arah Semarang sejauh 10 kilometer. Posisi rumah makan ini berada di sisi kiri jalan dari arah selatan dan terlihat jelas papan nama warung ini yang bersanding dengan papan iklan. Area parkir yang disediakan terbatas menggunakan tepi jalan namun cukup untuk menampung 3-4 kendaraan roda empat dan belasan kendaraan roda dua.

Rumah Makan Lestari di depan Terminal Bus Secang ini merupakan kombinasi antara tempat makan dengan tempat jualan oleh-oleh. Oleh-oleh yang dijual di rumah makan ini cukup lengkap dan didominasi oleh-oleh dari tiga penjuru tempat yaitu oleh-oleh khas Magelang, oleh-oleh khas Temanggung, dan oleh-oleh khas Semarang. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan Rumah Makan Lestari cukup bervariasi mulai dari nasi rames, sayur asem, sayur lodeh, ayam bakar, garang asem, dan sop buntut.

Penyajian menu Nasi Rames di Rumah Makan Lestari menggunakan piring tanggung berwarna dominan putih. Porsi nasi terbilang cukup untuk ukuran porsi normal meskipun pembeli bisa meminta tambahan nasi lagi agar sesuai dengan porsinya. Pengunjung dipersilakan memilih sendiri Masakan Sayur pada Nasi Rames yang diletakkan di etalase makanan. Selain itui pengunjung juga dipersilakan memilih sendiri lauk yang akan mereka santap. Saya sendiri akhirnya memiliki masakan oseng-oseng kacang panjang sebagai masakan sayurnya dan telur dadar goreng sebagai lauknya.

Cita rasa masakannya tergolong biasa dan hampir sama dengan cita rasa masakan warung makan di tepi jalan. Harga yang ditawarkan tergolong mahal dan tidak sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Tidak heran bila rumah makan ini tidak seramai pada zaman dulu dimana masyarakat Indonesia masih menggantungkan hidupnya pada transportasi umum jenis bus. Secara keseluruhan rumah makan ini dapat menjadi salah satu pilihan bersantap dan bernostalgia di kala orang jaman dahulu masih sering transit di kawasan Secang ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Rumah Makan Lestari
Jl. Raya Secang - Magelang km 10, kecamatan Secang, kabupaten Magelang 56195

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 07.00 s/d 21.30 WIB

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Yovan:

    Kemarin sempat cari RM Lestari, apakah RM Lestari ini yg terkenal dengan masakan empis-empis yang enak itu? (jaman dulu ne) Sekarang posisi jalan macet krn lampu merah ya d depan Terminal Secang itu, jd kurang nyaman untuk mampir, huhuu … padahal wis kangen banget madang disitu ;))

    • admin:

      Hi Yovan,
      Iya tapi cita rasanya sudah tidak semenarik dulu :-)

Kirim pendapat