Resto Kandang Sapi, Nikmatnya Masakan Mangut Ndas Manyut Dari Piyungan Bantul

Resto Kandang Sapi merupakan tempat bersantap dengan suasana desa dengan cirikhas bangunan rumah kandang sapi pada bagian depan resto. Penggunaan rumah bentuk kandang sapi ini sebenarnya sudah menjamur di rumah makan dan restoran sekitar kota Yogyakarta seperti Bakmi Jawa Pak Gito, Wedang Kopi Prambanan, Kampung Mataraman, dan sebagainya. Akan tetapi resto ini memiliki kelebihan dengan lingkungan resto di tengah-tengah pemukiman penduduk, situs sejarah, dan tepi aliran sungai.

Resto Kandang Sapi beralamat di dusun Bintaran Wetan, desa Srimulyo, kecamatan Piyungan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55792.

Lokasi Resto Kandang Sapi berada di tengah-tengah perkampungan dusun Bintaran Wetan Piyungan Bantul. Letaknya berada di samping situs cagar budaya yaitu Situs Payak. Rute menuju resto ini dari Jalan Wonosari ke arah timur hingga kilometer 12 (km 12). Perhatikan sisi kanan jalan ada papan petunjuk arah menuju Situs Payak. belok ke arah menuju Situs Payak. Kendaraan pengunjung dapat di parkir pada halaman resto yang cukup luas.

Menu utama yang ditawarkan Resto Kandang Sapi adalah mangut ndas manyung dimana masakan ini banyak ditemui di daerah pantura pulau Jawa. Selain itu warung ini juga menyediakan menu lain seperti garang asem, rica-rica ayam kampung, ayam kampung goreng, sup ikan manyung, dan sebagainya.Untuk pilihan minuman terbatas untuk teh, jeruk, kopi, dan wedang uwuh saja. Pengunjung yang berencana bersantap di resto ini disarankan untuk menghubungi pengelola resto terlebih dahulu dan memesan menu yang akan disantap. Alasannya masakan yang disajikan oleh resto ini cukup fresh dimana ketika ada yang memesan baru dimasakkan dan proses memasak makanan membutuhkan waktu yang tidak singkat atau sebentar.

Penyajian mangut ndas manyung (mangut kepala ikan manyung) menggunakan piring datar berbentuk persegi panjang. Ikuran kepala ikan manyung cukup besar dan dapat disantap hingga 3 (tiga) orang. Ikan manyung seperti yang kita tahu merupakan ikan air laut yang dikenal dengan nama Ikan Jambal Roti kalau dibuat ikan asin. Cita rasanya mirip seperti Ikan Pati dan Ikan Beong yang berkarakter gurih dan berlemak. Bumbu mangut yang terbuat dari bahan-bahan alami menyatu dengan rasa pedas dan memberikan keunikan rasa kepala ikan manyung sendiri. Harga yang ditawarkan cenderung mahal namun sesuai dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Resto Kandang Sapi dapat menjadi salah satu alternatif bersantap sambil menikmati suasana pedesaan di sekitar Jalan Wonosari dan Piyungan Bantul. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Patung Kepala Dewa di GAP Nglanggeran
INFORMASI
Resto Kandang Sapi
Dusun Bintaran Wetan, desa Srimulyo, kecamatan Piyungan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55792

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 20.00 WIB

Kirim pendapat