R&B Grill, Tempat Terbaik Menikmati Steak Di Yogyakarta

R&B Grill merupakan salah satu restoran yang menyajikan kuliner steak terbaik dan berkualitas di sekitar Yogyakarta. Restoran atau steak house ini merupakan cabang dari toko Indoguna Meatshop di Jakarta Selatan yang menyediakan daging impor dan bumbu masakan impor yang jarang ditemukan di supermarket. Steak house ini cukup dikenal oleh para pecinta steak dan direkomendasikan bagi seseorang yang ingin merasakan real steak dengan kualitas terbaik.

R&B Grill Real Steak terletak di Jalan Wolter Monginsidi No. 37 Yogyakarta

Buku Menu R&B Grill Yogyakarta

Lokasi R&B Grill berada di pusat kota Yogyakarta tepatnya di daerah Jetis sebelah utara Yogyakarta. Rute termudah menuju steak house ini dari Tugu Yogyakarta ke arah utara hingga perempatan Jetis. Selanjutnya ambil jalan ke barat atau ke arah kiri sejauh 300 meter Posisi steak house ini berada di sebelah kiri jalan setelah Rumah Makan Aceh Bungong Jeumpa dan berada di depan Hotel Maerakatja (Maerokoco). Bisa juga bila dari arah Jalan Magelang belok ke arah timur pada pertigaan lampu merah Plaza Borobudur (Mister Burger Company).

R&B Grill Yogyakarta menempati bangunan rumah peninggalan Belanda yang ditata sedemikian rupa sehingga tampil modern dan lebih memiliki nilai seni. Bangunan R&B Grill Yogyakarta terbagi dalam dua bagian dimana bagian depan digunakan sebagai Indoguna Meat Shop and Grocery yang menjual daging (meatshop), bumbu dapur, bahan-bahan makanan, dan snack import yang jarang tersedia di toko-toko besar atau supermarket Yogyakarta. Sedangkan area steak housenya berada dibagian belakang yang terdiri dari ruangan indoor (no smoking area) dan outdoor (smoking area). Suasana steak house ini cukup nyaman dan terlihat sedikit romantis dengan nyala lampu yang tidak terlalu terang.

Baca Juga  Warung Makan Cak Koting, Bebek Goreng Dan Bebek Bakarnya Bikin Nagih

Suasana Ruangan R&B Grill Yogyakarta

R&B Grill Yogyakarta menawarkan menu utama berupa real steak atau steak yang benar-benar berkualitas baik. Daging steak yang disediakan R&B Grill Yogyakarta menggunakan daging impor untuk menjaga kualitas dan cita rasa seperti daerah asal makanan steak. Daging steak yang tersedia antara lain daging Australia (Australian Beef/Autralian Prime), Eropa, Amerika (US Beef), Dry-Aged, Wagyu, dan Kobe. Berat daging steak pun disesuaikan dengan porsi sebenarnya antara 100 hingga 200 gram tergantung bagian daging sapi. Beberapa bagian daging sapi yang umum digunakan untuk steak antara lain tenderloin, sirloin, dan rib eye.

Sajian steak di R&B Grill Yogyakarta dilengkapi dengan side dish, kentang, dan saus yang dapat dipilih sesuai selera penikmat steak. Side Dish ada pilihan salad, vegetables, grill mushroom, dan sebagainya. Sedangkan kentang ada pilihan french fries, mashed potato, wedges, curly fries, au gratin, crisscut, baked, dan sebagainya. Untuk saus ada beberapa macam antara lain blackpepper, mushroom, barbeque, lemon, dan sebagainya. Penyajian steak yang cukup detil ini jarang ditemui di kedai steak biasa dengan cita rasa lokal.

Sajian Steak Import Di R&B Grill Yogyakarta

Penyajian Rip Eye USA Steak yang saya pesan tersaji dalam piring berukuran besar dan bersanding dengan side dish sayuran, french fries (kentang), saus blackpepper, dan mendapat tambahan pesto bread. Daging steak yang saya pilih dimasak dengan tingkat kematangan “Medium Well” atau setengah matang namun cenderung ke arah matang. Warna daging “Medium Well” masih terlihat sedikit memerah namun sudah tidak terlihat basah atau mentah. Bila dinikmati masih sedikit terasa juicy-nya namun tidak terlalu lunak dan tidak terlalu keras. Informasi tingkat kematangan tersebut dituliskan pada bendera kecil yang ditancapkan pada daging steak dan hal ini jarang ditemukan pada restoran atau rumah makan steak yang lain. Saat mencicipinya daging steak terasa empuk dan lembut karena proses pemasakannya cukup tepat dan sempurna. Bumbunya pun terasa pas meskipun cita rasanya sudah sedikit disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Sepertinya karakteristik daging Amerika (US Beef) mempengaruhi tingkat keempukan, kelembutan, dan, mampu menyerap saus lebih baik. Mengenai perbandingan rasa dengan restoran atau steak house sejenis seperti Holycow Steak House, saya belum bisa membandingkan karena belum pernah mencobanya.

Baca Juga  Asal Usul Giwangan Yogyakarta

Menu makanan lain yang disediakan oleh R&B Grill Yogyakarta juga tidak kalah menarik seperti Pasta, Burger, Scallop, Sausage, U.S. Gindara, Salmon, Tuna, John Dory, Chicken Breast, aneka dessert, dan sebagainya. Untuk sajian minuman sendiri hampir sama seperti menu minuman yang disediakan oleh restoran atau cafe seperti kopi, juice, teh, susu, soda, dan sebagainya. Selain itu steak house ini juga menyediakan hidangan penutup seperti es krim, pudding, dan roti. Harga yang ditawarkan steak house ini terbilang cukup mahal karena sebagian besar bahan-bahan yang digunakan impor dari luar negeri. Namun pengunjung akan puas dengan cita rasa yang ditawarkan oleh steak house ini. Secara keseluruhan R&B Grill Yogyakarta dapat menjadi salah satu pilihan utama menikmati real steak atau hidangan steak dari negeri aslinya di sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu R&B Grill Yogyakarta
  • 8.2/10
    Rip Eye Steak (US Beef) - 8.2/10
8.2/10

Kirim pendapat