Rawa Jombor Klaten, Lokasi Menarik Menikmati Sunrise Dan Sunset Sekaligus

Rawa Jombor merupakan salah satu daya tarik wisata unggulan kabupaten Klaten selain wisata candi. Keberadaannya cukup dikenal oleh masyarakat sekitar Klaten dan wisatawan yang pernah berkunjung ke Klaten. Daya tarik wisata yang ditawarkan oleh Rawa Jombor adalah kuliner warung apungnya yang menyajikan olahan ikan air tawar. Sebagian besar ikan air tawar yang dipasok berasal dari karamba yang banyak diusahakan masyarakat sekitar di area Rawa Jombor.

Rowo Jombor (Rawa Jombor) terletak di dusun Jombor, desa Krakitan, kecamatan Bayat, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Rawa Jombor memiliki luas sekitar 198 hektar, kedalaman 5 meter, kapasitas air 4 juta m³, dan tanggul keliling hingga 7,5 kilometer.

Rakit Di Tepi Rowo Jombor Klaten

Lokasi Rawa Jombor berada di sebelah selatan dari ibukota kabupaten Klaten. Akses termudah menuju ke rawa ini dengan melewati jalan yang berada di sebelah Terminal Bus Klaten yang baru. Kondisi jalan menuju ke lokasi sudah cukup baik meskipun lebar jalan masih sempit. Perjalanan menuju obyek wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum seperti angkutan pedesaan atau kendaraan pribadi seperti motor, mobil, atau minibus.

Aktivitas Warga Di Keramba Ikan Rowo Jombor Klaten

Rawa Jombor merupakan danau alami terluas di wilayah kabupaten Klaten. Danau ini terbentuk dari cekungan dataran rendah yang sering tergenang air pada musim penghujan. Lama-lama cekungan yang penuh dengan air tersebut membentuk sebuah danau kecil atau rawa. Pada tahun 1987 di sekeliling Rawa Jombor dibangun tanggul dan pintu pembuangan air. Sejak itulah kawasan Rawa Jombor dikembangkan sebagai kawasan budidaya ikan air tawar dan obyek wisata. Saat ini Rawa Jombor lebih dikenal sebagai sentra kuliner warung apung yang menyajikan beraneka macam olahan ikan air tawar.

Aktivitas Di Sekitar Rowo Jombor Klaten

Kondisi Rawa Jombor Klaten saat ini sudah lebih baik dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Pemerintah daerah dibantu dengan pemerintah pusat telah melakukan perbaikan kawasan Rowo Jombor khususnya perbaikan tanggul keliling, perbaikan pintu air dan saluran air, penataan warung apung, serta pembersihan sampah dan enceng gondok yang tumbuh subur di kawasan ini. Hal ini cukup memberikan hasil dimana Rowo Jombor saat ini terlihat lebih bersih dan tertata lebih rapi. Harapan kedepannya di sekeliling kawasan danau atau rawa ditanami pepohonan sehingga tampak lebih sejuk dan rindang.

Rawa Jombor Klaten cukup favorit digunakan sebagai lokasi memancing. Hampir setiap tahun kawasan rawa ini disebarkan benih ikan oleh dinas pemerintah atau organisasi tertentu saat menyelenggarakan acara atau kegiatan di kawasan ini. Orang-orang yang memancing di rawa ini biasanya banyak ditemukan di pinggiran danau atau di tengah danau dengan menyewa rakit. Beberapa rakit yang ada sengaja disewakan untuk para pemancing yang ingin memancing ditengah danau. Namun sebagian rakit tidak disewakan karena digunakan untuk penduduk sekitar untuk menuju keramba apung di tengah danau atau rawa.

Pemandangan Senja Rowo Jombor Klaten

Suasana Rowo Jombor saat pagi hari dengan sore hari hampir sama dimana banyak terlihat aktivitas orang yang memancing, memantau keramba apung di tengah rawa, atau sekedar berkeliling kawasan. Pemandangan matahari terbit ataupun matahari terbenam di kawasan Rowo Jombor terlihat menarik bila cuaca sedang cerah. Matahari terbit dan terbenam dapat disaksikan dari tepi Rowo Jombor dengan mengelilingi jalan yang dibangun di tepi danau. (text/foto: http://teamtouring.net)

Baca Juga  Bioskop Tua Yang Pernah Ada Di Sukoharjo
INFORMASI
Rowo Jombor (Rawa Jombor)
Dusun Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Josefine:

    Membaca artikel ini membuat saya lebih memahami Klaten. :)

    *dihapus admin, iklan tidak diperbolehkan*

  2. Ade:

    Bang, warung2 kulinernya masih ada? Terakhir 10 tahun yg lalu kesini tapi gak sebagus ini

    • admin:

      warung2 masih ada di sisi utara Rawa Jombor..
      spot view ini berada di sisi barat dan timur Rawa Jombor

Kirim pendapat