Ranu Klakah, Danau Terluas Di Lumajang Jawa Timur

Ranu Klakah, Danau Terluas Di Lumajang Jawa Timur
4.7 (93.33%) 3 vote[s]

Ranu Klakah Lumajang merupakan salah satu danau alami yang terbentuk dari letusan Gunung Lemongan. Danau ini merupakan danau terluas dan terbesar diantara ketiga danau yang berada di lereng gunung tersebut. Kondisinya masih cukup alami dan menjadi salah satu tempat favorit untuk mencari ikan oleh masyarakat sekitar.

Ranu Klakah terletak di desa Tegal Randu, kecamatan Klakah, kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Klakah berada pada ketinggian 900 mdpl dengan luas 22 hektar dan kedalaman mencapai 30 meter.

Pemandangan Ranu Klakah Lumajang Dari Pintu Air

Rute menuju Ranu Klakah dari pusat kota Lumajang melewati jalur utama pernghubung antara kabupaten Lumajang dengan kabupaten Probolinggo. Memasuki pusat kecamatan Klakah disekitar pasar belok ke arah timur atau ambil jalan ke arah desa Tegal Randu menuju lokasi Ranu Klakah. Pada sebuah tikungan jalan terlihat gerbang masuk obyek wisata Ranu Klakah yang diberi portal untuk retribusi wisata. Setelah membayar retribusi, portal dibuka dan pengunjung dipersilakan memasuki kawasan Ranu Klakah.

Persewaan Becak Air Di Ranu Klakah Lumajang

Beberapa ratus meter dari gerbang masuk obyek wisata Ranu Klakah, pengunjung tiba di kawasan danau Ranu Klakah tepatnya di daerah pintu air keluar danau. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja, sedangkan kendaraan roda empat dipersilakan parkir di tepi jalan. Untuk parkir di tepi jalan pun kendaraan roda empat sedikit kesulitan karena kondisi jalan yang sempit dan sangat berhimpit ketika keduanya berpapasan. Hal ini sebagai kritik sekaligus saran agar dibuatkan area parkir untuk kendaraan roda empat.

Baca Juga  Jembatan Galau Dan Hutan Mangrove Pancer Cengkrong Trenggalek

Taman Di Samping Ranu Klakah Lumajang

Pemandangan Ranu Klakah terlihat luas dan tidak terhalang oleh apapun dari area pintu air. Bila tidak tertutup kabut, pemandangan Ranu Klakah akan berlatar Gunung Lemongan (bernama lain Gunung Lamongan/Klakah). Suasana terasa sejuk karena letaknya berada di lereng gunung dan posisinya cukup tinggi. Kondisi air danau cukup bersih dan jernih karena berasal dari beberapa sumber mata air di sekitar danau.

Fasilitas pendukung wisata Ranu Klakah Lumajang yang cukup menarik adalah persewaan perahu motor dan persewaan becak air. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini dengan membeli tiket pada loket disamping pelabuhan perahu. Dengan menggunakan perahu motor, pengunjung dapat menikmati semua sudut kawasan Ranu Klakah tanpa perlu bersusah payah berjalan kaki mengelilingi danau.

Warung Apung Di Ranu Klakah Lumajang

Sebuah taman bermain kecil nan rindang dibangun di samping pintu air Ranu Klakah. Cocok digunakan sebagai tempat bermain bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Di sekitar area taman banyak dijumpai pohon besar yang cukup membuat suasana sekitar cukup sejuk. Kondisinya cukup terawat meskipun tidak ada fasilitas pendukung seperti toilet dan mushola. Pengunjung bebas memanfaatkan taman tersebut untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam Ranu Klakah.

Warung apung yang dibangun di tepi danau menyediakan hidangan kuliner khas Ranu Klakah berupa olahan ikan air tawar. Letaknya tidak jauh dari taman dan dapat diakses dengan menusuri jalan setapak di tepi Ranu Klakah. Cukup menarik menikmati hidangan olahan air tawar sambil menikmati pemandangan Ranu Klakah. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau namun diharapkan pengunjung menanyakan harga makanan terlebih dahulu.

Baca Juga  Kopi Lanang Malangsari, Kopi Unik Dari Banyuwangi

Aktivitas Menjaring Ikan Di Ranu Klakah Lumajang

Aktivitas yang banyak terlihat di sekitar kawasan Ranu Klakah adalah kegiatan para pemancing dan para penjaring. Mereka banyak terlihat ketika pagi hari dan sore hari namun kadang juga saat siang hari sebagian dari mereka sudah tiba di lokasi. Jenis ikan yang didapat dari Ranu Klakah cukup beragam mulai dari ikan nila, tawes, bawal, dan sebagainya.

Annosmile Di Ranu Klakah Lumajang

Fasilitas pendukung Ranu Klakah bisa dibilang paling lengkap dibandingkan ranu atau danau lain yang ada didekatnya. Namun demikian sebagian kondisinya kurang terawat dan harus segera diperbaiki. Potensi Ranu Klakah Lumajang masih dapat digali lebih dalam lagi karena belum tergarap secara maksimal. Diharapkan pemerintah daerah setempat mengembangkan sektor pariwisata yang ada dan tidak sekedar mencari Pendapatan Asli Daerah (PAD) saja. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Ranu Klakah
Desa Tegal Randu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 4.000,-
Parkir Motor : Rp 2.000,-

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Imagologi:

    wuiihhh, bagus-bagus

Kirim pendapat