Bersantap Malam Di Pusat Kuliner Kartika Sari Magelang

Pusat Kuliner Kartika Sari merupakan salah satu pusat kuliner yang menyajikan bermacam-macam hidangan khas nusantara. Aktivitas malam di kota Magelang bertambah ramai ketika dilakukan penataan di beberapa kawasan dan adanya pembangunan mal-mal serta perhotelan. Beberapa kawasan baru hadir untuk menarik minat pengunjung datang dan meramaikan. Salah satunya adalah sentra atau pusat kuliner yang sebelumnya belum ditemukan di kota Magelang.

Pusat Kuliner Kartika Sari berada di Jalan Tidar, kelurahan Magersari, kecamatan Magelang Selatan, kota Magelang, Jawa Tengah.

Kuliner Kartika Sari Magelang

Beberapa pusat kuliner yang dibangun di beberapa titik kota Magelang merupakan inisiatif pemerintah daerah yang didukung oleh pedagang kakilima yang ada disekitarnya. Mereka berharap dengan adanya pusat kuliner akan menarik banyak pengunjung dan meningkatkan pendapatan para pedagang.

Pusat Kuliner Kartika Sari merupakan satu diantara sekian pusat kuliner yang dibangun di sekitar kota Magelang. Keberadaannya cukup strategis karena berada ditengah-tengah kota dan tepat di tepi jalan protokol. Ketika melakukan perjalanan ke arah Semarang, kami menyempatkan diri mampir di pusat kuliner ini.

Gasebo Kuliner Kartika Sari Magelang

Pusat Kuliner Kartika Sari Magelang menyediakan area parkir untuk kendaraan roda dua (motor) dan kendaraan roda empat (mobil) tepat disebelah kawasan. Area parkir pusat kuliner ini cukup luas dan mampu menampung puluhan kendaraan roda empat hingga ratusan kendaraan roda dua. Sepertinya pemerintah cukup serius menggarap pusat kuliner mampu menampung banyak pengunjung.

Baca Juga  Es Dawet Ngudi Roso, Warung Es Dawet Pertama di Kalasan

Namun kesan negatif langsung menyapa kami ketika akan memarkir kendaraan dimana petugas parkir kurang profesional dalam mengatur parkir dan terkesan masih semrawut. Setelah memarkir kendaraan, kami langsung masuk ke Pusat Kuliner Kartika Sari magelang dan berkeliling memilih kuliner yang cocok untuk bersantap malam.

Warung Kakilima di Kuliner Kartika Sari Magelang

Kios-kios penjual makanan yang dihuni oleh pedagang kakilima (PKL) yang direlokasi didominasi oleh masakan khas nusantara. Seperti halnya nasi goreng, bakmi goreng, bakso, mie ayam, sate, batagor, kupat tahu, soto, dan sebagainya. Namun kuliner khas Magelang yang kami cari ternyata belum ada atau tidak kami temui.

Akhirnya kami memesan makanan sesuk pilihan masing-masing di kios penjual makanan. Ada yang memesan soto, nasi goreng, dan sop jamur di kios yang berdekatan. Kami mencari tempat duduk yang kosong untuk menunggu pesanan diantarkan sambil menikmati suasana Pusat Kuliner Kartika Sari Magelang.

Soto Desa Kuliner Kartika Sari Magelang

Tidak lama kemudian, masing-masing pesanan dari kami diantarkan ke meja. Kami pun yang dilanda rasa lapar segera menyantapnya. Rasa yang ditawarkan terkesan standar dan tidak ada daya tarik lebih yang diharapkan. Perut pun akhirnya kenyang dan kami bersiap-siap untuk meneruskan perjalanan kembali. Harga makanan yang harus dibayarkan di Pusat Kuliner Kartika Sari Magelang cukup mahal untuk sekelas kios makanan pedagang kakilima. Beberapa jenis makanan yang kami pesan harganya hampir menyamai harga makanan di restoran mahal. Kekecewaan kami terhadap harga makanan yang cukup mahal ini membuat berpikir dua kali untuk mampir di pusat kuliner ini.

Baca Juga  Inilah 22 Rumah Makan Buka 24 Jam di Yogyakarta

Selain itu ketiadaan harga makanan dalam daftar menu yang ditawarkan oleh kios makanan berpotensi adanya pemalakan atau tarif diluar kewajaran. Dikhawatirkan bila tidak ada tindakan dan pembenahan, lama kelamaan pengunjung akan meninggalkan Pusat Kuliner Kartika Sari Magelang. Sama seperti kasus Pusat Kuliner Solo Galabo yang saat ini mulai sepi dan mulai ditinggalkan pengunjung. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat