Puri Saraswati, Taman Dewi Ilmu Pengetahuan Di Karanganyar

Puri Saraswati, Taman Dewi Ilmu Pengetahuan Di Karanganyar
5 (100%) 1 vote

Puri Saraswati merupakan daya tarik wisata pelengkap di kompleks Wisata Candi Cetho Karanganyar setelah Candi Kethek, Keberadaannya sedikit tersembunyi sama seperti Candi Kethek karena akses menuju tempat ini harus melalui jalan setapak di samping Candi Cetho. Puri ini dibangun sebagai tempat melestarikan budaya sekaligus sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Puri Saraswati atau bernama lengkap Puri Taman Saraswati merupakan bangunan baru yang dihibahkan dari Bupati Gianyar Bali, AA. Gde Agung Barata untuk Bupati Karanganyar Hj. Rina Iriani Sri Ratna Ningsih, S.Pd, M.Hum, sebagai bentuk kerjasama dan ikatan persaudaraan antara masyarakat Hindu Bali dan Hindu Jawa. Puri ini berada desa Gumeng, kecamatan Jenawi, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bangunan Utama Puri Saraswati Karanganyar

Lokasi Puri Saraswati berada di belakang Candi Cetho dengan akses jalan setapak yang ada disamping candi. Saat menemui pertigaan jalan pilihlah jalan ke arah kanan menuju ke Puri Saraswati sedangkan bila memilih ke arah kanan akan menuju ke Candi Kethek. Pengunjung yang akan memasuki kompleks puri ini diharuskan menaiki anak tangga terlebih dahulu. Sebelumnya diberlakukan aturan kepada siapa saja yang memasuki tempat ini harus melepaskan alas kaki. Tidak heran bila disekitar tangga terdapat beberapa pasang alas kaki.

Pengunjung yang memasuki kompleks Puri Saraswati disambut dengan suasana hening dan sunyi. Suara yang terdengar hanyalah bunyi-bunyi burung liar dan terpaan angin yang mengarah ke pepohonan. Bagian puri yang pertama diinjakkan kaki pengunjung adalah halaman puri yang dikelilingi beberapa bangunan penting seperti bangunan utama Puri Saraswati, pura peribadatan, dan sumber mata air yang dikeramatkan bernama Sendang Pundi Sari.

Pura Di Kompleks Puri Saraswati Karanganyar

Puri Saraswati sendiri beralaskan lantai batu dan ditengahnya terdapat kolam yang terdapat patung Dewi Saraswati. Di tepi kolam terdapat tempat yang digunakan untuk menaruh sesaji. Ketika melihat kondisi air dalam kolam cukup jernih dan bunyinya cukup menenangkan hati dan pikiran.

Dewi Saraswati merupakan dewi ilmu pengetahuan dan seni. Sehingga setiap 210 hari sekali diperingati Hari Saraswati dengan pertunjukan seni pertunjukan tradisional Jawa Bali.

Sendang Pundi Sari Di Kompleks Puri Saraswati Karanganyar

Disebelah area Puri Saraswati terdapat sebuah sendang yang dinamakan Sendang Pundi Sari. Sendang ini digunakan sebagai tempat menyucikan diri sebelum sembahyang dan digunakan sebagai ritual keagamaan. Suasana area ini terkesan cukup hening dan damai, serasa mendapat ketenangan bagi orang yang mengunjunginya. Keheningan itu mungkin disebabkan sedikitnya orang yang mengunjungi tempat ini, mungkin karena jarak tempuh yang cukup melelahkan ataupun segan memasuki tempat ibadah.

Selain itu, di Puri Taman Saraswati ini, setiap peringatan Hari Saraswati atau Dewi Ilmu Pengetahuan yang berlangsung setiap 210 hari itu, kerap digelar seni pertunjukan tradisional Jawa dan Bali. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Puri Taman Saraswati
Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk: *seikhlasnya*

Ada 9 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Dulu saya pernah berniat masuk ke dalam, tapi karena sedang ada umat Hindu yang beribadah jadi saya urungkan niat. Penasaran juga sih, seperti apa ya dalamnya…

  2. kucingkeren:

    selalu damai di puri semacam ini…

  3. wibisono:

    Pernah ke sana. Untuk masuk harus melepas alas kaki..

    • admin:

      Hi Wibisono,
      betul mas bila ingin berkunjung harus mentaati peraturan yang sudah ditetapkan di tempat tersebut :-)

  4. shan shan:

    indah, damai,..dan sangat terkesan ketika memasuki area puri ini, apalagi waktu masuk di pemandiannya,…pengen ke sana lagi,..

  5. bocah petualang:

    Kalau lagi di Candi Cetho ada petunjuk ga untuk mencari jalan ke puri ini?

    • alika:

      Google maps aja laj

  6. Rohandi Blogger:

    Artikel nya bagus dan original , i like this

  7. Aji Sukma:

    Wiiiih baru tau. Hihihi next ngintip ksana ah ???

Kirim pendapat