Pura Luhur Poten, Pura Di Tengah Lautan Pasir Bromo

Pura Luhur Poten, Pura Di Tengah Lautan Pasir Bromo
3 (60%) 1 vote[s]

Pura Luhur Poten merupakan pura peribadatan yang dibangun ditengah-tengah lautan pasir Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru. Pura ini cukup dekat dengan area parkir wisata kawah Gunung Bromo. Pura ini digunakan sebagai salah satu tempat dilaksanakan Upacara Kasada Umat Hindu Bromo yang diselenggarakan setahun sekali pada bulan purnama.

Pura Luhur Poten Berlatar Gunung Batok

Kami penasaran dengan ruangan yang terletak di dalam area Pura Luhur Poten dan berencana memasukinya untuk berkeliling. Namun gerbang masuk ditutup rapat sehingga kami hanya bisa melihat-lihat dari balik pagar gerbang. Bentuk bangunan dan arsitektur pura hampir sama dengan bentuk pura yang ada di pulau Bali. Namun bentuknya terlihat lebih sederhana dengan sedikit ukiran yang berada pada dinding pura.

Walaupun jauh dari pemukiman penduduk, pura tersebut tampak terawat dan rutin dibersihkan oleh penduduk Tengger. Di beberapa sudut bangunan pura masih terlihat sisa-sisa sesaji bekas ritual keagamaan. Pura tersebut dianggap suci dan sakral bagi masyarakat Tengger sehingga rutin digunakan untuk beribadah dan upacara adat.

Dalam mitos cerita Roro Anteng dan Joko Seger, Kesuma anak bungsunya lenyap dari pandangan terjilat api dan masuk ke kawah Bromo, bersamaan hilangnya Kesuma terdengarlah suara gaib :”Saudara-saudaraku yang kucintai, aku telah dikorbankan oleh orang tua kita dan Hyang Widi menyelamatkan kalian semua. Hiduplah damai dan tenteram, sembahlah Hyang Widi. Aku ingatkan agar kalian setiap bulan Kasada pada hari ke-14 mengadakan sesaji kepada Hyang Widi di kawah Gunung Bromo. Kebiasaan ini diikuti secara turun temurun oleh masyarakat Tengger dan setiap tahun diadakan upacara yang disebut upacara Kasada di Pura Luhur Poten lautan pasir dan kawah Gunung Bromo.

Baca Juga  Retribusi Resmi Masuk Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
INFORMASI
Pura Luhur Poten,/b>
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Ada 23 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. soewoeng:

    jare mlaku mlaku kok malah nulis? eh posting?

  2. Just Bryan:

    Yah..kedua…hehe

  3. bambang catur:

    hajilak…
    penak men kang..ben dino dolan wae…
    gawe pengen ik..

  4. Pojok Pradna:

    lho kok aku blm baca seputar mitosnya

    baca dulu, ah..

  5. Abi:

    Bromo itu musuhnya Joko Seger kan yah?

  6. nahdhi:

    Wah saya ndak percaya sama Joko Seger. Wong sudah punya istri Roro Anteng kok masih ngaku Joko, pake Seger lagi….

  7. rizal:

    wah lagi…warisan budaya kita

  8. geblek:

    ya saya
    eh kirain saya wkwkw

  9. munir ardi:

    mitos yang sudah terkenal keseluruh pelosok negeri ini

  10. Didien®:

    wow..mengorbankan anaknya demi kehidupan yg damai. semoga tetap damai dan sejahtera amin..
    kunjungan sore kawan..

    salam, ^_^

  11. Caride™:

    pura luhur poten yg di bromo cita rasa bali yah?

  12. d-Gadget™:

    indah sekali puranya…tp sayang di tutup ya? mungkin memang benar krn tempat yg suci dan sakral bagi orang sana

  13. Anas:

    Begitu ya mitosnya.. hehehehe aku gak tau.. makasi udah diberi tau mas..

  14. mayasaridotnet:

    senengnya bisa jalan2 kemana2…..

  15. nurrahman:

    terus sampean sempat ikut upacara kusada itu ga bro?

  16. Bung Eko:

    Wah, cerita-cerita petualangan di blog ini benar-benar membuat saya ngiler. Pengen betul ikut menikmati keindahan panorama dan pengalaman unik yang dialami Mas Anno yang suka smile ini. :D

  17. nisa:

    gunungnya keren!! >_< pingin ke sanaaa!!

  18. andry sianipar:

    Salam super-
    Salam hangat dari pulau Bali-
    disini juga banyak pura..
    sungghuh luar biasa indonesia ku…

  19. Sriyono Wong semarang:

    Wah, pemandangannya keliatannya luar biasa indah, save our heritage :)

  20. Mas Ben:

    Gunung di latar belakangnya bagus sekali :)

  21. rian:

    aku pernah lihat pemandangan di bromo memang indah, apalagi ada pemandangan pura nya dilautan pasir, tapi ini kulihat di TV ,
    soalnya aku belum pernah kesana, tapi suatu saat aku pingin langsung lihat.

  22. yuni:

    iya indonesia emang kaya akan kebudayaan, pariwisata dll yang lebih penting pejabatnya jangan rajin koruptor

  23. Satria kejam:

    Salam kenal semuanya…….
    Pesona gunung bromo memang mengagumkan,ingin rasanya aq kesana….Hehe

Kirim pendapat