Pura Candi Sari Kalongan Sleman Dan Batuan Yoni Di Dalamnya

Pura Candi Sari Kalongan merupakan salah satu pura peribadatan umat Hindu di sekitar Yogyakarta. Keberadaannya tidak terkenal karena tergolong pura kecil dan jauh dari akses jalan. Pura ini memiliki keunikan dimana pad abagian dalamnya terdapat batuan yoni dan lingga yang konon merupakan batuan peninggalan sejarah.

Pura Candi Sari Kalongan beralamat di dusun Kalongan, desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Pura Candi Sari Kalongan berada di tengah-tengah pemukiman penduduk dusun Kalongan. Rute menuju ke pura ini berpatokan awal pada bangunan Monumen Pangkalan TNI-AU yang berada di sebelah barat Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta. Dari monumen tersebut ambil jalan yang serong ke kanan melewati area pemukiman penduduk. Pada gang kedua pada sisi kanan jalan, masuk dan ikuti jalan sampai ujung. Posisi pura berada di sekitar bangunan rumah penduduk yang masih rimbun dengan semak-semak dan sebauh sanggar seni.

Kondisi Pura Candi Sari Kalongan cukup terawat dengan baik dan masih digunakan untuk peribadatan. Pada bagian inti kompleks Pura Candi Sari Kalongan terdapat sebuah yoni berukuran besar dengan ukuran sekitar 1 x 1 meter. Pada bagian bawah cerat yoni terdapat relief atau patung naga menyangga kura-kura. Belum diketahui asal-usul batuan yoni dan lingga yang berada di dalam kompleks pura ini. Pengunjung yang penasaran ingin melihatnya disarankan menghubungi penjaga pura sebelum memasukinya karena bukan tempat umum. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Sleman

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. morishige:

    Nyempil banget ini. Teamtouring memang jagonya mblusuk. :D

Kirim pendapat