Punthuk Sukmojoyo Magelang, Pilihan Lokasi Berfoto Dari Ketinggian Di Borobudur

Punthuk Sukmojoyo Magelang, Pilihan Lokasi Berfoto Dari Ketinggian Di Borobudur
3.7 (73.33%) 3 votes

Punthuk Sukmojoyo merupakan salah satu wisata puncak perbukitan di sekitar lereng perbukitan Menoreh kabupaten Magelang. Daya tarik wisata yang ditawarkan dari tempat ini adalah pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu dari atas bukit. Puncak bukit ini berada disebelah wisata puncak perbukitan lain yaitu Punthuk Mongkrong tepatnya disebelah selatan.

Punthuk Sukmojoyo (Sukmojoyo Hill) terletak di desa Giritengah, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi Punthuk Sukmojoyo berada di area perbukitan sebelah barat daya Taman Wisata Candi Borobudur tepatnya di perbukitan Menoreh wilayah kabupaten Magelang. Rute menuju Punthuk Sukmojoyo dari Candi Borobudur dimulai dengan menyusuri jalan beraspal yang berada disamping Hotel Manohara Resort Borobudur. Ikuti jalan beraspal tersebut menuju ke arah Majaksingi atau Hotel Amanjiwo Resort. Saat memasuki perempatan sebelum SDN Tuksongo I, ambil jalan ke kanan menuju perempatan Gunden. Dari perempatan Gunden pilihlah jalan ke arah kiri menuju ke Balai Desa Giritengah.

Papan petunjuk arah menuju ke Punthuk Sukmojoyo Magelang sudah ditemukan di sekitar Balai Desa Giritengah. Dari tempat ini perjalanan baru separuh jalan dan tantangan menuju ke puncak bukti tersebut baru akan dimulai. Perjalanan menuju Punthuk Sukmojoyo dari Balai Desa Giritengah sementara ini hanya dapat dilalui dengan kendaraan beroda dua saja. Kondisi kendaraan roda dua atau motor diharapkan benar-benar prima dan normal.

Tanjakan jalan menuju ke Punthuk Sukmojoyo dari Balai Desa Giritengah pada mulanya cukup landai dan tidak terlihat curam. Perlahan-lahan kondisi jalan mulai menyempit dan pengguna sepeda motor disambut dengan tanjakan tajam dan terlihat tidak ada jeda. Saat memasuki setengah perjalanan ada sedikit jalan landai dan terdapat pecabangan jalan. Ada dua pilihan jalan dimana ke arah kiri menuju Punthuk Mongkrong dan ke arah kanan menuju ke Punthuk Sukmojoyo. Ikuti jalan menuju Punthuk Sukmojoyo hingga tiba di area parkir wisata.

Pengunjung Punthuk Sukmojoyo ditarik retribusi untuk pengelolaan dan perawatan kawasan wisata. Perjalanan menuju Punthuk Sukmojoyo Magelang dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang ada disamping rumah penduduk. Kondisi jalan setapak masih berupa jalan tanah dimana jalan menanjak sudah diberi pegangan dari bambu. Pengunjung disarankan untuk berhati-hati dalam melangkah karena kondisi jalan yang licin dan beberapa tanah cukup labil untuk dipijak.

Pada Puncak Punthuk Sukomojo Magelang terdapat sebuah cungkuk atau makam milik Kyai RM. Muhammad Soleh. Keberadaan makam di puncak bukit atau gunung banyak ditemukan di bukit-bukit dan puncak gunung di Pulau Jawa seperti Gunung Kukusan dan Gunung Andong. Menurut sejarha yang berkembang Kyai RM. Muhammad Soleh konon merupakan keturunan ke 14 dari Prabu Brawijaya V, raja kerajaan Majapahit. Prabu Browijoyo V sendiri juga merupakan moyang dari Sultan Agung Hanyokrokusumo, Raja Mataram Islam Yogyakarta. Makam ini dikelilingi oleh pagar kayu yang cukup tinggi dan tidak dibuka untuk umum. Pengunjung masih tetap dapat melohat isi di dalam kawasan makam dari celah-celah pagar kayu tersebut yang tidak dibangun rapat. Keramaian makam ini untuk aktivitas ziarah bertepatan dengan Festival Sendang Suruh pada bulan Suro.

Pengelola wisata Punthuk Sukmojoyo menyediakan daya tarik tempat berfoto atau selfie untuk pengunjung. Ada beberapa pilihan tempat berfoto mulai dari gardu pohon, jembatan bambu, dinding berbentuk hati hingga bangunan berbentuk kapal. Diantara pilihan tempat berfoto, lokasi gardu pohon menjadi ikon atau daya tarik utama Punthuk Sukmojoyo karena paling pertama dibangun dan menjadi promosi utama obyek wisata tersebut. Selain itu keberadaan spot foto kapal memiliki kemiripan dengan daya tarik wisata Jurang Tembelan Kanigoro di perbukitan kabupaten Bantul. Kurang diketahui obyek wisata mana yang lebih dulu mempopulerkan dan membangun spot foto selif diatas kapal ini. Pengunjung bebas menggunakan spot berfoto tersebut secara gratis namun disarankan untuk bergantian dengan pengunjung yang lain.

Secara keseluruhan keberadaan Punthuk Sukmojoyo Magelang menambah daya tarik wisata di sekitar Candi Borobudur. Tempat ini dapat dijadikan lokasi alternatif menikmati pemandangan Candi Borobudur ketika matahari terbit dari atas bukit selain dari Punthuk Setumbu dan Bukit Purwosari (Cemuris Mas). Hanya saja akses menuju ke tempat ini masih sulit dan baru bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan beroda dua saja. Selain itu fasilitas pendukung wisata masih cukup minim dan harus segera dibenahi. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Punthuk Sukmojoyo (Sukmojoyo Hill)
Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-

Kirim pendapat