Sunrise Berkabut di Bukit Punthuk Setumbu Borobudur

Sunrise Berkabut di Bukit Punthuk Setumbu Borobudur
3 (60%) 5 votes

Punthuk Setumbu merupakan daya tarik utama untuk menikmati pemandangan matahari terbit dari ketinggian sekaligus melihat Candi Borobudur yang diselimuti oleh kabut. Daya tarik wisata yang dibuka beberapa tahun yang lalu ini cukup menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Bahkan sebagian penyelenggara paket wisata memasukkan kawasan Bukit Punthuk Stumbu dalam daftar destinasi wisata ke Candi Borobudur.

Bukit Punthuk Setumbu (Tuk Stumbu) merupakan salah satu spot menarik untuk menyaksikan Borobudur Sunrise dari ketinggian 400 m. Bukit yang terletak di dusun Kurahan, desa Karangrejo, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan kemegahan Candi Borobudur di kala pagi sekaligus menunggu terbitnya matahari dari balik Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Pemandangan Candi Borobudur Dari Bukit Punthuk Stumbu Menjelang Matahari Terbit

Selepas dini hari, kami berangkat menuju Bukit Punthuk Setumbu yang terletak di barat laut Candi Borobudur. Perjalanan menuju Bukit Punthuk Setumbu melewati jalan perkampungan yang sempit dan berbatu selepas melewati jalan utama. Akhirnya kami tiba di area parkir sepeda motor berada di halaman pos penjaga kawasan Bukit Punthuk Setumbu yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Bila menggunakan kendaraan roda empat atau lebih dipersilakan parkir di area bawah dekat masjid.

Gunung Merapi Dan Gunung Merbabu Tertutup Kabut Dari Bukit Punthuk Stumbu Borobudur

Karena datang terlalu awal, belum terlihat adanya penjaga pos yang duduk berjaga di bangunan samping area parkir. Kami langsung mendaki bukit terlebih dahulu untuk mengejar waktu agar tidak kehilangan momen matahari terbit dari puncak Bukit Punthuk Setumbu. Jalan setapak menuju puncak Punthuk Setumbu ini masih terbuat dari jalan tanah walaupun beberapa rumput ilalang di samping kiri kanan jalan sudah dibersihkan oleh pengelola. Pada musim hujan, tanah yang diinjak cukup becek, lengket dan susah untuk dilewati.

Candi Borobudur Diselimuti Kabut Dari Bukit Punthuk Stumbu

Saat tiba di puncak Bukit Punthuk Setumbu, suasana masih cukup sepi karena kami merupakan orang pertama yang tiba di puncak bukit ini. Kami mencari lokasi yang pas untuk pengambilan foto yang tidak terhalang oleh ranting pohon yang menutupi pemandangan. Sebagian pohon-pohon yang berada di sisi timur mulai meninggi dan menutupi pandangan ke arah Candi Borobudur dan Gunung Merapi. Tripod pun kami pasang menghujam ke tanah agar tidak goyang ketika melakukan pengambilan gambar dan tahan terhadap angin puncak bukit yang cukup kencang. Selanjutnya kami menunggu dan berharap untuk mendapatkan momen matahari terbit sesuai yang kami inginkan.

Suasana Bukit Punthuk Stumbu Borobudur Pada Pagi Hari

Perlahan-lahan waktu berjalan dan tidak terasa mahatari telah muncul melewati balik Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Kami melewatkan momentum matahari terbit dari balik bukit karena kedua gunung tersebut tertutup kabut dan awan tebal. Kemudian kami memfokuskan pada Candi Borobudur yang mulai terlihat bentuknya yang diselimuti oleh kabut.

TeamTouring Di Puncak Bukit Punthuk Stumbu Borobudur Magelang

Sedikit cahaya menerangi Candi Borobudur dengan memberikan warna kuning kemerahan namun hal tersebut hanya berlangsung sesaat karena matahari kembali tertutup awan dan kabut tebal naik keatas membuat Candi Borobudur tidak tampak lagi dari tempat ini. Akhirnya kami dapat mengabadikan pemandangan yang sungguh indah ini bersama dengan wisatawan yang memenuhi kawasan ini walaupun sesaat. Sambil menunggu kabut yang menutup Candi Borobudur hilang, kami duduk santai di gubug kayu yang disediakan oleh pengelola disebelah barat. Namun setelah tak kunjung menghilang akhirnya kami meninggalkan tempat ini.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan komentar dari beberapa teman, menikmati sunrise dari Bukit Puthuk Setumbu merupakan keharusan ketika berwisata ke Candi borobudur atau ke Yogyakarta. Keindahan sunrisenya bisa disetarakan dengan Sunrise dari Bukit Sikunir di Dataran Tinggi Dieng. Sehingga tidak heran bila Sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu menjadi salah satu andalan untuk menikmati sunrise di wilayah Jawa Tengah. (text/foto: annosmile)

== Donasi/Tiket Masuk

Rp15.000,- / orang

== Tips Mendaki Bukit Punthuk Setumbu

  1. Membawa kamera dan tripod, cek kelengkapannya sebelum berangkat supaya tidak ada yang tertinggal.
  2. Menggunakan pakaian yang nyaman untuk mendaki seperti kaos dan celana panjang, bawalah jaket untuk menghangatkan tubuh karena suhu agak dingin pada dini hari.
  3. Gunakan sandal gunung atau sepatu yang nyaman untuk mendaki
  4. Bawalah konsumsi makan dan minum karena di puncak tidak ada pedagang makanan dan minuman pada dini hari.
  5. Siapkan uang untuk donasi pengelolaan kawasan Puncak Bukit Punthuk Setumbu.
  6. Bawalah jas hujan bila sedang musim hujan.
  7. Bawalah perlengkapan pribadi lain apabila diperlukan seperti obat-obatan dan sebagainya.
  8. Bawalah sampah dan buanglah saat turun dari bukit
  9. Jangan lupa berdoa.

== Tips memotret di Bukit Punthuk Setumbu

  1. Kamera dengan menggunakan lensa tele zoom jarak jauh karena obyek cukup jauh (disarankan menggunkan lensa tele zoom dengan jarak diatas 100-200mm). Ada beberapa jenis lensa ekonomis (murah) dan mahal untuk jarak tersebut disesuaikan dengan dana.
  2. Bawalah tripod yang tahan dari goncangan karena angin cukup kencang dan medan tanah sedikit labil. Pengambilan foto akan menggunakan kecepatan lambat/rendah yang berpotensi hasil foto goyang/shake akibat sedikit getaran dari tripod atau lingkungan sekitar.
  3. Perhatikan garis horizon yang ada. Garis horizon yang miring akan membuat kita kecewa dan harus melakukan perbaikan garis horizon yang berakibat memperkecil framing foto.
  4. Pergunakan settingan kamera dengan diafragma kecil (f angka besar, f7.1; f9; dan seterusnya) agar ruang tajam lebih luas, gunakan ISO kecil untuk memunculkan detail gambar dan mengurangi noise, kecepatan shutter menyesuaikan dan biasanya jatuh pada kecepatan lambat. Penggunakan white balance dan fitur lain disarankan untuk pengguna kamera tingkat lanjut.
  5. Selamat memotret
INFORMASI
Bukit Punthuk Setumbu (Tuk Stumbu)
Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 15.000,-/orang
Parkir Motor : Rp 2.000,-
Parkir Mobil : Rp 5.000,-

PETA

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    mendung, mendung, mendung di musim kemarauuu

  2. HeruLS:

    Waaa, selalu penuh ya tempatnya kak

  3. arif:

    puthuk setumbu, diingat2 dulu sebelum ke borobudur kapan2 lagi :D

  4. dafhy:

    Ngeri tenan rek master kita satu ini. Kabut ya itu mas? keren nih kayaknya kalau pas lagi cerah gitu

  5. tomi:

    ediaaann touring terus mas.. tempat2 e mesti yoo keren2..
    kapaaan bisa kesana :D

  6. aming:

    keren euy fotonya…
    di bookmark tipsnya….

Kirim pendapat