Puncak Sosok, Wisata Puncak Perbukitan Yang Cocok Untuk Menikmati Senja Dan Malam Hari

Puncak Sosok merupakan salah satu puncak perbukitan yang berada di daerah Pleret Bantul. Keberadaannya belum lama dikembangkan sebagai obyek wisata setelah ramainya Puncak Gebang yang ada di sebelah bawahnya. Daya tarik yang ditawarkan oleh wisata perbukitan ini adalah sebagai lokasi menikmati matahari terbenam, menikmati lampu-lampu kota pada malam hari, kuliner khas pedesaan dan hiburan musik.

Puncak Sosok terletak di dusun Jambon, desa Bawuran, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Puncak Sosok berada di daerah perbukitan sebelah timur kecamatan Pleret Bantul tepatnya disebelah atasnya Puncak gebang. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan menuju ke Jalan Imogiri Timur melewati Terminal Bus Giwangan Yogyakarta. Memasuki perempatan Jejeran ambil jalan ke arah timur atau arah kiri menuju ke Pleret. Ikuti jalan hingga ujung ada sebuah pertigaan kecil pilih jalan ke kanan menuju ke arah Segoroyoso. Sebelum memasuki pusat desa Segoroyoso ada pertigaan jalan dan ambil jalan ke kiri menuju ke Piyungan. Sekitar 300 meter ada persimpangan kecil kemudian ambil jalan ke kanan menuju ke arah perbukitan.

Pengunjung tidak perlu melakukan pendakian karena akses Puncak Sosok dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kondisi jalan yang dibangun pun sudah cukup lebar dan dapat dilalui hingga kendaraan beroda empat. Pada pertengahan perjalanan akan melewati kawasan Puncak gebang dan perjalanan masih dilanjutkan hingga ujung jalan atau puncak tertinggi. Pada area puncak bukit, area parkir yang disediakan cukup luas untuk memuat belasan kendaraan beroda empat hingga puluhan kendaraan roda dua.

Baca Juga  Stone Park Turunan Panggang, Wisata Di Ujung Perbukitan Samping Desa

Puncak Sosok secara geografis berupa bukit yang dikelilingi dataran rendah sehingga dapat melihat pemandangan dari ketinggian dari sebagai penjuru arah. Pemandangan dari tempat ini menghadap ke arah barat, utara, dan timur. Puncak perbukitan ini memiliki ketinggian yang hampir sama dengan Puncak Bucu Piyungan. Pemandangan ke arah sisi timur kurang nyaman dilihat karena objek yang dilihat adalah Tempat Pembuangan Sampah Akhir Piyungan. Pemandangan ke arah utara akan melihat Gunung Merapi yang terlihat jelas bila tidak tertutup kabut atau wan. Sedangkan pemandangan ke arah barat yang terlihat seperti area persawahan, pemukiman warga, dan pemandangan kota Yogyakarta dari kejauhan.

Pengunjung Puncak Sosok sebagian besar merupakan orang-orang yang tinggal di dekat kawasan ini dan para pesepeda yang menggunakan rute menuju ke kawasan ini. Fasilitas pendukung yang saat ini baru tersedia sebenarnya sudah cukup mulai dari area parkir, warung makan, kamar mandi umum, pagar pengaman di tepi tebing, dan lokasi camping. Warung makan yang ada di kawasan ini menyediakan menu teh, kopi, dan gorengan yang cocok dinikmati pada waktu sore hari hingga malam hari. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan cukup murah dan terjangkau untuk para anak muda yang bisa nongkrong di tempat tersebut.

Hiburan di Puncak Sosok cukup menarik dimana sering terdapat pertunjukan musik pada sore hingga malam hari. Bahkan hiburan pertunjukan musik ini rutin diselenggarakan pada akhir pekan dan hari libur. Tontonan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun pengunjung dapat memberikan donasi kepada para pemusik dengan memasukkan uang pada kotak donasi di depan panggung. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Puncak Sosok
Dusun Jambon, desa Bawuran, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Dinilint:

    Puncak Sosok ini emang alternatif menikmati sunset di Jogja. Sampe malem juga asik sih, karena banyak lampu yang bikin suasana syahdu.
    Btw, pas aku ke sana aku malah ditunjukin bagian tempat penampungan sampah dan binatang-binatang yang makan sampah :(

Kirim pendapat