Puncak Penanjakan, Puncak Para Tower

Pesona puncak Pananjakan memang memberikan daya magis bagi yang ingin menikmati pesona matahari terbit (sunrise) dengan pemandangan jajaran pegunungan Tengger seperti Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung kecil disekitarnya hingga Gunung Semeru yang berada paling belakang.

Tower Seluler di Puncak Pananjakan Bromo

Namun beberapa tahun setelah kemunculan telepon genggam atau yang sering disebut ponsel itu mengubah kondisi puncak Gunung Penanjakan. Dari sebelah kita berdiri menikmati keindahan matahari terbit atau sunrise di kawasan puncak Penanjakan, berdiri kokoh beberapa menara atau tower stasiun pemancar.

Keberadaan beberapa menara pemancar ini membuat Gunung Penanjakan terlihat lebih tinggi karena rata-rata menara yang dibangun memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Ini merupakan pemandangan gratis sebagai bonus berkunjung di kawasan puncak Penanjakan.  Lokasi yang letaknya tinggi dan tidak ada penghalang disekitarnya seperti tebing atau bukit merupakan lokasi strategis untuk dibangun menara (tower) pemancar oleh stasiun televisi, radio, dan operator seluler.

Jalan Menuju Puncak Penanjakan

Bagi para wisatawan, keberadaan menara pemancar jelas cukup membantu mereka untuk berkomunikasi ketika berada di puncak Gunung Penanjakan atau memamerkan foto dengan mengupload ke internet. Namun bagi para pemerhati lingkungan, keberadaan bangunan menara atau tower tersebut jelas merusak kelestarian lingkungan. Jumlah menara pemancar yang semakin lama jumlahnya semakin bertambah menghancurkan sebagian ekosistem kawasan puncak Penanjakan.

Dengan area puncak Penanjakan yang tidak begitu luas, luas area yang dibutuhkan untuk membangun menara pemancar jelas mengambil lebih dari separuh area puncak Penanjakan. Sehingga harus tidak mau membabat tananam yang sebelumnya tumbuh di area puncak dan menggantinya dengan beton-beton yang awet bertahun-tahun. Entah mengapa pemerintah tidak mempedulikannya dan sengaja memberikan izin pembangunan menara. Mengapa sebelumnya tidak memberi solusi lain dengan membangun sebuah menara pemancar bersama yang hemat tempat dan dapat dimanfaatkan untuk semua pihak. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Telaga Wahyu Magetan, Indahnya Suasana Pagi Dan Lokasi Favorit Memancing

Kirim pendapat