Puncak Nglanggeran Timur Gunungkidul Dan Desa 7 Kepala Keluarga

Puncak Nglanggeran Timur merupakan salah satu puncak gunung di kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Keberadaannya jarang didengar karena belum lama dibuka menjadi obyek wisata dan belum dipromosikan secara resmi seperti Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran. Kawasan ini memiliki keunikan dimana hanya dihuni oleh 7 (tujuh) Kepala Keluarga (KK) saja sehingga sering disebut sebagai Puncak 7 KK.

Puncak Nglanggeran Timur terletak di dusun Nglanggeran Wetan, desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Puncak gunung ini memiliki ketinggian sekitar 650 mdpl.

Pos Masuk Puncak Nglanggeran Wetan Gunungkidul

Lokasi Puncak Nglanggeran Timur berada di timur Gunung Api Purba Nglanggeran. Untuk menuju ke lokasi ini dari kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran harus mengambil jalan memutar karena letaknya di sebelah timur. Untuk lebih jelasnya silakan bertanya arah menuju dusun Nglanggeran Wetan di kantor Kelompok Sadar Wisata Nglanggeran atau warga sekitar Nglanggeran. Perjalanan menuju kawasan ini melewati jalan menanjak yang cukup tajam dan sebagian jalan masih berupa jalan cor semen dan jalan tanah. Diharapkan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima dan mampu melewati medan jalan yang berat.

Kendaraan pengunjung dapat dibawa hingga mendekati kawasan Puncak Nglanggeran Timur. Sebelum memasuki area parkir, kendaraan pengunjung akan melewati pemukiman warga yang dihuni oleh 7 Kepala Keluarga. Keunikannya yaitu jumlah kepala keluarga di pemukiman tersebut sejak jaman dahulu hingga sekarang tetap berjumlah 7 (tujuh). Selama kurun waktu tersebut jumlah kepala keluarga yang ada tidak mengalami penambahan atau pengurangan. Konon sesepuh pemukiman atau dusun tersebut hanya memperbolehkan kawasan tersebut dihuni oleh 7 Kepala Keluarga saja. Bila keturunan keluarga tersebut membangun keluarga baru dipersilakan pindah

Baca Juga  Tradisi Rasulan di Kampung Nusantara Jelok

Perjalanan Menuju Puncak Nglanggeran Wetan Gunungkidul

Area parkir kendaraan disediakan disamping pos penarikan retribusi masuk kawasan Puncak Nglanggeran. Kendaraan pengunjung diharapkan terkunci rapi karena tidak ada petugas parkir. Pengunjung dipersilakan membayar retribusi masuk untuk pengelolaan kawasan wisata sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Namun pos tersebut jarang dijaga petugas pada hari-hari biasa dan hanya dijaga pada hari libur saja. Minimnya jumlhas pengunjung pada hari biasa disebut-sebut sebagai alasan mengapa tempat ini tidak dijaga pada hari biasa.

Perjalanan menuju Puncak Nglanggeran Timur dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak diantara bebatuan berukuran besar. Kondisi jalan setapak lebih landai dan tidak seterjal saat menyusuri jalan setapak menuju puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. Sebenarnya kendaraan roda dua seperti sepeda motor bisa dibawa sampai ke puncak gunung. Tidak harus menggunakan sepeda motor khusus offroad dan sepeda motor biasa seperti bebek dan matic bisa dikendarai sampai puncak. Hal ini dibuktikan pada foto-foto promosi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran yang terdapat foto sepeda motor di puncak gunung. Namun hal tersebut saat ini dilarang oleh pengelola wisata dapat merusak lahan pertanian yang dilewati dan ekosistem yang ada disekitarnya.

Bongkahan Batu Raksasa Di Puncak Nglanggeran Wetan Gunungkidul

Pemandangan dari Puncak Nglanggeran Timur cukup indah dan mirip dengan pemandangan dari puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. Bila melihat ke arah utara akan terlihat pemandangan Gunung Merapi bila tidak tertutup awan dan pemandangan pedesaan kabupaten Klaten. Bila melihat ke arah timur akan tampak perbukitan Sriten yang merupakan titik atau puncak tertinggi di Gunungkidul. Bila melihat ke selatan akan tampak perbukitan dan kota Wonosari dari kejauhan serta Embung Nglanggeran yang berada dibawah.

Baca Juga  Jalan Satu Arah Di Kota Yogyakarta

Fasilitas pendukung wisata belum dibangun di sekitar area Puncak Nglanggeran Timur. Tidak heran bila kondisi alam dan lingkungan masih terlihat lebih alami. Rencananya tahun mendatang akan dibangun kamar mandi umum dan gasebo untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan dari atas ketinggian. Selain itu akan dibuatkan jalur khusus agar pengunjung tidak seenaknya melewati ladang milik penduduk yang berada di sekitar area puncak.

Pemandangan Puncak GAP Nglanggeran Dari Puncak Nglanggeran Wetan Gunungkidul

Saat ini pengunjung Puncak Nglanggeran Timur masih sepi walaupun akhir pekan atau hari libur. Belum tampak aktivitas wisatawan yang camping dan mendirikan tenda di kawasan ini. Mereka lebih memilih mendirikan tenda di Gunung Api Purba Nglanggeran karena area parkir dijaga 24 jam dan ada fasilitas kamar mandi di dekat puncak. (text/foto: annosmile)

HARGA TIKET DOMESTIK
  • Tiket Masuk Gunung Api Purba Siang : Rp 15.000,-
  • Tiket Masuk Gunung Api Purba Malam : Rp 20.000,-
  • Tiket Embung Nglanggeran Siang : Rp 10.000,-
  • Tiket Embung Nglanggeran Malam : Rp 15.000,-
  • Tiket Kampung Pitu Siang : Rp 15.000,-
  • Tiket Kampung Pitu Malam : Rp 15.000,-
  • Tiket Air Terjun Kedung Kandang : Rp 7.000,-

*update 1 Juli 2016*

HARGA TIKET MANCANEGARA
  • Tiket Masuk Gunung Api Purba Siang : Rp 30.000,-
  • Tiket Masuk Gunung Api Purba Malam : Rp 30.000,-
  • Tiket Embung Nglanggeran Siang : Rp 30.000,-
  • Tiket Embung Nglanggeran Malam : Rp 30.000,-
  • Tiket Kampung Pitu Siang : Rp 30.000,-
  • Tiket Kampung Pitu Malam : Rp 30.000,-
  • Tiket Air Terjun Kedung Kandang : Rp 20.000,-

*update 1 Juli 2016*

INFORMASI
Puncak Nglanggeran Timur
Dusun Nglanggeran Wetan, desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Tirta Wahyu:

    malah belum tau ada tempat ini, kapan2 kesana :D

  2. bersapedahan:

    geopark semacam begini selalu menarik …
    kalau ke jogja .. saya mesti sempatin kesini

    • admin:

      Hi Tirta Wahyu,
      Silakan dikunjungi ya :-)

Kirim pendapat