Puncak Kayangan Bantul, Pemandangan Senja Dan Pantai Selatan Dari Ketinggian

Puncak Kayangan merupakan daya tarik wisata puncak perbukitan di kawasan pantai selatan kabupaten Bantul. Keberadaannya masih jarang dikenal karena menjadi daya tarik wisata pelangkap dari Goa Jepang Pundong. Puncak ini memiliki sudut pemandangan yang hampir sama dengan Bukit Parangndog yang letaknya berada di sebelah tenggara bukit ini.

Puncak Kayangan terletak di dusun Ngreco, desa Seloharjo, kecamatan Pundong, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Dari Puncak Kayangan Pundong Bantul

Lokasi Puncak Kayangan Pundong berada di kawasan perbukitan yang masih satu area dengan Goa Jepang Pundong. Rute menuju tempat ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Jalan Parangtritis. Susurilah Jalan Parangtritis hingga menyebrangi Jembatan Sungai Opak yang berdekatan dengan pintu retribusi masuk Pantai Parangtritis. Setelah keluar dari jembatan langsung belok ke arah kiri menuju jalan alternatif Parangtritis-Siluk. Ikuti papan petunjuk arah menuju Goa Jepang Pundong dimana satu akses jalan dengan Sendang Surocolo dan Goa Sunan Mas. Memasuki kawasan Goa Jepang Pundong ikuti jalan beraspal hingga melewati area goa tertinggi yang ada gasebo pandangannya dan menemui plang petunjuk arah menuju Puncak Kayangan. Kendaraan dapat diparkir di tepi jalan kemudian berjalan kaki sejauh 50 meter hingga tiba di area puncak.

Pemandangan Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir Dari Puncak Kayangan Pundong Bantul

Puncak Kayangan atau Bukit Kayangan sering diartikan sebagai tempat yang tinggi atau tertinggi dimana jaman dulu dimitoskan sebagi tempat tinggal para dewa. Hal ini berlaku juga pada tempat ini yang berada di perbukitan Pundong Bantul. Pemberian nama “kayangan” sebenarnya sudah banyak digunakan untuk penyebutan tempat lain seperti Bukit Kayangan di Kerinci Jambi, Bendung Kayangan di Kulon Progo, Negeri Khayangan di Dataran Tinggi Dieng, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Wedangan Di Cafe Darohman Dalam Pasar Kotagede

Puncak Kayangan Pundong merupakan tebing perbukitan sisi selatan dari kawasan wisata peninggalan Goa Jepang Pundong. Letaknya ditandai sebuah area sempit lapang yang tidak ditanami oleh pepohonan sehingga memungkin untuk melihat pemandangan ke arah tenggara, selatan hingga ke barat. Untuk sisi sebelah utara tertutup rerimbunan pohon yang memanjang dari area parkir kendaraan. Dari tempat ini pengunjung dapat melihat garis pantai selatan yang memanjang dari bawah Bukit Parangndog ke arah barat dimana diantaranya ada Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Muara Sungai Opak, Mangrove Baros, Pantai Samas, hingga terlihat sangat kecil menara Pantai Pandansari (Patehan).

Pengunjung Puncak Kayangan Pundong Bantul

Selain sebagai tempat menikmati pemandangan dari ketinggian, Puncak Kayangan cukup menarik digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbenam atau sunset secara sempurna di sebelah barat tanpa ada penghalang apapun. Sebagian pohon di sisi barat bukit sedikit dipangkas sehingga tidak menghalangi pandangan ketika menyaksikan matahari terbenam. Pada bulan-bulan tertentu terlihat matahari terbenam melewati garis cakrawala antara langit dengan laut namun seringkali terlihat terlihat terbenam di are dataran sisi barat.

Matahari Terbenam Dari Puncak Kayangan Pundong Bantul

Fasilitas pendukung Puncak Kayangan Pundong belum tersedia karena belum dikelola secara serius oleh masyarakat setempat. Namun jika pengunjung membutuhkan kamar mandi umum dapat menggunakan fasilitas umum yang terdapat di wisata Goa Jepang Pundong atau Goa Sunan Mas Surocolo. Pengunjung diharapkan tetap menjaga kebersihan dan membawa sampah kembali kerumah atau tidak meninggalkan sampah di area perbukitan ini.

Baca Juga  Kawah Sileri, Kawah Aktif Terbesar Di Dieng

Secara keseluruhan Puncak Kayangan Pundong dapat menjadi pilihan alternatif menikmati pemandangan pantai selatan Bantul dari atas ketinggian sekaligus matahari terbenam selain Bukit Parangndog yang berada di sebelah timur kawasan Pantai Parangtritis. Tempat ini cocok bagi pengunjung yang kurang suka dengan keramaian tempat dan yang menyukai wisata murah karena berkunjung ke tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis. Bagi saya pribadi tempat ini lebih menarik ketimbang Bukit Watu lumbung yang dikembangkan sebagai wisata edukasi dimana letaknya lebih rendah di sebelah barat bukit ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Puncak Kayangan
Dusun Ngreco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*
Parkir Motor : *gratis*
Parkir Mobil : *gratis*

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mbloogers.com:

    Layak menjadi destinasi selanjutnya sepertinya hogogog…

Kirim pendapat