Puncak Gebang Dan Asiknya Bersantai Di Sore Hari

3 (60%) 1 vote

Puncak Gebang merupakan salah satu puncak perbukitan yang berada di daerah Pleret Bantul. Pada mulanya kawasan wisata ini hanyalah sebuah jalur menuju ke pemukiman penduduk yang melewati tebing puncak perbukitan. Namun karena pemandangan dari tempat ini cukup menarik dan makin lama banyak disambangi pengunjung akhirnya dikembangkan menjadi obyek wisata.

Puncak Gebang terletak di Jalan Dadap Kulon, dusun Jambon, desa Bawuran, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Puncak Gebang berada di daerah perbukitan sebelah timur kecamatan Pleret Bantul. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan menuju ke Jalan Imogiri Timur melewati Terminal Bus Giwangan Yogyakarta. Memasuki perempatan Jejeran ambil jalan ke arah timur atau arah kiri menuju ke Pleret. Ikuti jalan hingga ujung ada sebuah pertigaan kecil pilih jalan ke kanan menuju ke arah Segoroyoso. Sebelum memasuki pusat desa Segoroyoso ada pertigaan jalan dan ambil jalan ke kiri menuju ke Piyungan. Sekitar 300 meter ada persimpangan kecil kemudian ambil jalan ke kanan menuju ke arah perbukitan. Posisi Puncak Gebang berada di puncak perbukitan yang terlihat tidak terlau tinggi tersebut. Pengunjung tidak perlu melakukan pendakian karena akses puncak bukit dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kondisi jalan yang dibangun pun sudah cukup lebar dan dapat dilalui hingga kendaraan beroda empat. Pada area puncak bukit, area parkir yang disediakan masih terbatas namun cukup memuat kendaraan beroda empat hingga (lima) buah dan sekitar 30 kendaraan roda dua.

Puncak Gebang secara geografis berupa bukit yang dikelilingi dataran rendah sehingga dapat melihat pemandangan dari ketinggian dari sebagai penjuru arah. Pemandangan dari tempat ini menghadap ke arah barat dan arah utara. Puncak perbukitan ini memiliki ketinggian yang hampir sama dengan Bukit Sindet namun kalah tinggi dengan Puncak Bucu Piyungan. Pemandangan ke arah sisi timur dan selatan terhalang oleh rerimbunan pohon yang tumbuh lebat. Pemandangan ke arah barat yang terlihat seperti area persawahan, pemukiman warga, dan pemandangan kota Yogyakarta dari kejauhan. Bila memandang ke arah utara akan melihat Gunung Merapi yang terlihat utuh ketika tidak diselimuti awan.

Waktu yang tepat untuk mengunjung Puncak Gebang adalah sore hari untuk menikmati matahari terbenam atau sunset. Puncak perbukitan ini cocok digunakan untuk menikmati matahari terbenam karena posisinya menghadap ke arah barat. Bila cuaca sedang cerah akan terlihat matahari tenggelam di ujung cakrawala sebelah barat yang kadang agak serong ke selatan atau ke utara tergantung siklus pergesaran matahari. Bila diperhatikan, pemandangan matahari terbenam dari tempat ini hampir sama seperti di Bukit Sindet karena letak keduanya cukup berdekatan.

Pengunjung Puncak Gebang sebagian besar merupakan orang-orang yang tinggal di dekat kawasan ini dan para pesepeda yang menggunakan rute menuju ke kawasan ini. Fasilitas pendukung yang saat ini baru tersedia sebenarnya sudah cukup mulai dari area parkir, warung makan, kamar mandi umum, pagar pengaman di tepi tebing, dan lokasi camping. Warung makan yang ada di kawasan ini menyediakan menu teh, kopi, dan gorengan yang cocok dinikmati pada waktu sore hari hingga malam hari. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan cukup murah dan terjangkau untuk para anak muda yang bisa nongkrong di tempat tersebut.

Daya tarik wisata lain yang dekat dengan Puncak Gebang adalah Jembatan Gantung Bawuran dan Air Terjun Surupethek. Kedua tempat wisata tersebut cukup menarik untuk dijelajahi meskipun belum dikelola secara maksimal. Secara keseluruhan Puncak Gebang dapat menjadi alternatif pilihan berwisata murah untuk menikmati matahari terbenam dan camping di sebelah tenggara kota Yogyakarta dan sebelah timur wilayah Bantul. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Puncak Gebang
Jl. Dadap Kulon, dusun Jambon, desa Bawuran, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta