Puncak Dempok, Sisi Lain Wisata Gunung Kukusan Magelang

Puncak Dempok, Sisi Lain Wisata Gunung Kukusan Magelang
3.7 (73.33%) 3 votes

Puncak Dempok adalah puncak kecil yang berada disebelah Gunung Kukusan Magelang. Gunung ini lebih sering disebut sebagai Gunung Kukusan Dua karena terletak dalam satu kawasan dengan Gunung Kukusan. Gunung kecil ini menarik untuk dikunjungi dan sebagai pelengkap kawasan Wisata Gunung Kukusan yang dikelola masyarakat dusun Wonokerto ini.

Gunung Dempok atau Gunung Kukusan Dua terletak dalam kawasan Wisata Gunung Kukusan, dusun Wonokerto, desa Ngargoretno, kecamatan Salaman, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Anak Tangga Terakhir Menuju Puncak Gunung Dempok Magelang

Lokasi Gunung Dempok berada di sebelah utara dari Gunung Kukusan Magelang. Akses jalan menuju ke Gunung Dempok ada dua cara, pertama melalui jalan menurun curam dari puncak Gunung Kukusan dan kedua melewati jalan setapak landai dari pertigaan jalan dekat dengan pos retribusi masuk. Demi keselamatan kami menyarankan pengunjung melewati jalan setapak landai menuju puncak Gunung Dempok dari pertigaan jalan tersebut. Lama perjalanan terhitung singkat dan hanya sekitar lima menit pengunjung telah tiba di puncak Gunung Dempok.

Kondisi Puncak Gunung Dempok Magelang

Pemandangan dari Puncak Gunung Dempok tidak jauh berbeda dibandingkan dari Puncak Gunung Kukusan. Dari Puncak Gunung Dempok dapat melihat panorama 8 pucuk gunung di Jawa Tengah sama seperti di Puncak Gunung Kukusan. Posisi Gunung Dempok yang lebih rendah sepertinya tidak berpengaruh banyak karena letaknya masih cukup tinggi. Hanya saja sensasi rasa yang berbeda karena tidak berada pada puncak paling tinggi diantara puncak gunung yang ada disekitarnya.

Pemandangan Dari Puncak Gunung Dempok Magelang

Area puncak Gunung Dempok disediakan empat bangku dari bambu untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Diperkirakan puncak Gunung Dempok mampu menampung belasan pengunjung dengan luas area yang tersedia. Gunung Dempok dapat menjadi alternatif pilihan melihat pemandangan dari ketinggian ketika Puncak Gunung Kukusan tidak mampu menampung pengunjung karena sempitnya area puncak. Selain itu akses jalan setapak yang lebih landai dan lebih aman cukup menghindarkan pengunjung dari resiko kecelakaan. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Pasar Klitikan Kota Lama Semarang
INFORMASI
Gunung Kukusan (Gunung Kendeng)
Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 2.000,-

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. wildan:

    Tempat yang sangat pas untuk pecinta alam.

    • admin:

      Hi Wildan,
      Iya benar, semoga tetap lestari ya :-)

Kirim pendapat