Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma Yogyakarta

Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma Yogyakarta
3.5 (70%) 2 votes

Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma atau sering dikenal dengan Pusat Studi Lingkungan Soropadan merupakan tempat pendidikan lingkungan dan konservasi bagi mahasiswa kampus. Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk masyarakat dan organisasi peduli lingkungan. Bangunan pusat studi ini dibangun dengan konsep ramah lingkungan dan berbiaya perawatan rendah

Pusat Studi Lingkungan (PSL) Universitas Sanata Dharma (USD) terletak di kampung Soropadan, desa Condong Catur, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Bangunan Utama Pusat Studi Lingkungan Universitas Sanata Darma Yogyakarta

Lokasi Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma terletak di dalam dalam kampung Soropadan yang dapat diakses dari Jalan Gejayan Yogyakarta. Jalan masuk menuju ke tempat ini melalui gang jalan yang berada di sebelah selatan Toko Buku Toga Mas Gejayan. Kondisi gang jalan cukup luas dan dapat dilewati kendaraan roda empat semisal mobil hingga minibus. Papan nama tempat ini belum terpasang dan patokannya adalah rerimbunan pohon jati yang mirip seperti hutan kecil.

Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma menempati lahan seluas 6.080 m² dimana sekitar 70% lahannya ditanami tanaman pohon jati dan pohon mahoni. Pada bagian tengah dibangun sebuah bangunan utama yang terbuat dari kayu dengan memanfaatkan bekas bangunan Wisma Sanata Dharma. Bangunan modern dengan konsep dua lantai ini sebagai kantor sekretariat, pelatihan, sarasehan, bengkel, dan ruang pameran. Fasilitas lain yang sudah dibangun antara lain demplot kolam, pertanian organik sayuran, biogas terintegrasi kandang ternak, energi terbaharui sederhana, dan budidaya lobster air tawar. Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma saat ini digunakan sebagai lokasi kerjasama dengan Andini Birdfarm & Birdshop dan Wahana Alam Lestari menangkarkan beberapa spesies burung parung bengkok. Pengunjung dapat melihat penangkaran burung tersebut di kandang burung yang dibangun di sudut kawasan. Selain itu waktu yang lalu tempat ini pernah digunakan sebagai lokasi KlinikKopi sebelum pindah ke Jalan Kaliurang. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pusat Studi Lingkungan Universitas Sanata Darma (PSLUSD/CESSDU)
Kampung Soropadan, Desa Condong Catur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55283
Email: info@pslusd.org
Twitter: @pslusd

Kirim pendapat