Prosesi Jamasan Rambut Gimbal Dieng Di Situs Dharmasala

Prosesi Jamasan Rambut Gimbal Dieng Di Situs Dharmasala
5 (100%) 1 vote[s]

Prosesi Jamasan Rambut Gimbal Dieng merupakan rangkaian acara Prosesi Potong atau Cukur Rambut Anak Gimbal Dieng. Prosesi ini diselenggarakan sebelum dilaksanakan cara inti yaitu potong rambut gimbal. Makna jamas atau jamasan berarti membersihkan atau mensucikan dari hal-hal yang kotor. Dalam perhelatan Festival Dieng, prosesi ini diselenggarakan di kawasan Situs Dharmasala (Situs Darmasala) Dieng yang letaknya berdekatan dengan lokasi acara potong rambut gimbal.

Prosesi Jamasan Rambut Gimbal Dieng dimulai setelah selesai dilakukan acara Kirab Budaya Dieng Festival berakhir. Sedikit informasi Kiran Budaya Dieng dimuali dari kawasan Desa Dieng Kulon dan berakhir di halaman Pendopo Soeharto Whitlam Dieng. Rombongan anak rambut gimbal, para keluarga, dan pemuka adat yang mengikuti kirab langsung diarahkan menuju ke kawasan Situs Dharmasala untuk melanjutkan Prosesi Cukur Rambut Gimbal. Pemimpin pemuka adat memulai acara jamasan dengan melantunkan doa di kawasan Sendang Sedayu Situs Dharmasala. Satu per satu anak atau bocah rambut gimbal berjalan menuju ke salah satu pemuka adat yang berdiri di dekat tempat penampungan air suci untuk melakukan prosesi ini. Rambut anak gimbal secara perlahan-lahan disiram dengan air suci yang telah dipersiapkan secara khusus dan didoakan.

Air yang digunakan untuk menjamas atau memandikan rambut gimbal menggunakan air suci yang berasal dari mata air Tuk Bima Lukar, Tuk Sendang Buana (Kali Bana), Tuk Kencen, Tuk Goa Sumur, Kali Pepek dan Tuk Sibido (Tuk Pitu). Air Tujuh Rupa tersebut ditaburi dengan 7 macam bunga dimana angka pitu atau tujuh diartikan sebagiai pitutur, pituduh, dan pitulung dari Yang Maha Kuasa. Prosesi Jamasan Rambut Gimbal Dieng selesai ketika semua anak rambut gimbal telah dimandikan rambutnya satu per satu. Rangkaian Prosesi Potong Rambut Gimbal Dieng langsung berlanjut ke Kompleks Candi Arjuna Dieng. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Air Terjun Sekar Langit Magelang, Antara Mitos Dan Pesona Wisata Alam

 

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Yugo:

    Ini beda kan ya sama Dieng Culture Festival?

    • admin:

      Hi Yugo,
      Ini rangkaian acara Dieng Culture Festival mas :-)

Kirim pendapat