Proses Pengeringan Sotong Di Pulau Bangka

Sotong kering merupakan salah satu komoditas pulau Bangka yang telah meraih pasar ekspor. Hampir seluruh hasil produksi sotong kering diekspor ke luar negeri dan hanya sedikit yang dijual di pasar lokal. Sotong kering di pasar lokal hanya dijual tertentu seperti di pusat oleh-oleh saja. Tidak heran bila banyak orang tidak mengenal jenis makanan ini dan bagaimana olahan dari makanan sotong kering ini.

Pengeringan Sotong Secara Tradisional Di Pulau Bangka

Proses pengeringan sotong dimulai dari pemilihan ukuran sotong segar yang dipasok oleh nelayan lokal. Sotong-sotong segar dipilih dengan kriteria masih utuh dan tidak ada cacat fisik seperti sobek atau ada bagian tubuh yang hilang. Selain itu sotong segar diseleksi dengan ukuran tertentu agar terlihat seragam dan sesuai dengan permintaan pasar.

Proses selanjutnya dengan membagi dua bagian sotong dan dibersihkan bagian dalamnya. Setelah dicuci dengan bersih, lembaran sotong tersebut diletakkan papan dan ditata secara rapi. papan berisi lembaran sotong tersebut nantinya ditempatkan pada ruang terbuka untuk dijemur. Proses pengeringan sotong di pulau Bangka sebagian besar dengan menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan bantuan sinar matahari.

Soto Kering Dari Pulau Bangka

Proses pengeringan sotong dengan menggunakan sinar matahari membutuhkan waktu kurang lebih 3-5 hari dalam kondisi terik. Apabila cuaca kurang mendukung, proses pengeringan dalam berlangsung selama dua minggu. Musuh utama dalam proses pengeringan Sotong adalah lalat, semut, beberapa jenis serangga lain, dan kucing liar. Perlu dilakukan penjagaan saat menjemur agar sotong yang dikeringkan tidak rusak terkena hewan-hewan tersebut. Sotong hasil pengeringan selanjutnya dikumpulkan dan dijual kepada pengepul kecil untuk diteruskan kepada pengepul besar untuk diekspor ke luar negeri. Harga jual sotong kering beberapakali lipat dibandingkan sotong segar. Selain itu usaha pengeringan sotong untuk mengatasi melimpahnya produksi sotong segar.

Baca Juga  Masjid Jami' Belinyu, Masjid Tertua Di Ujung Utara Pulau Bangka

Di Indonesia tepatnya di daerah Pontianak, sotong kering diolah menjadi makanan bernama Sotong Pangkong. Sotong kering dibakar dengan bara api dari kayu atau arah kepala kemudian dipangkong (dipukul-pukul) agar kenyal dan empuk. Penyajiannya dengan disiram kuah kacang atau kuah asam manis. Sedangkan di luar negeri, sotong kering diolah menjadi beragam jenis makanan. Di Korea misalnya, sotong kering digunakan dalam campuran masakan. Di malaysia sotong kering dibuat menjadi masakan sambal sotong sebagai lauk pada nasi lemak atau nasi biasa. Di tempat lain, sotong kering diolah menjadi camilan stau snack. Namun di negara sendiri yaitu Indonesia malah belum ada masakan khas yang menggunakan bahan dari sotong kering. Hampir seluruh masyarakat Indonesia lebih memilih sotong segar untuk diolah menjadi masakan ketimbang sotong kering. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Abdul Nagib:

    Dengan siapa yang saya bias hubungi tentang masalah sotong kering ini. terima kasih

Kirim pendapat