Proses Pemasukan DOC Dalam Pemeliharaan Ayam Broiler

Proses pemasukan DOC ayam broiler pada awal pemeliharaan ayam diawali dengan persiapan kandang ayam. Kandang ayam harus benar-benar siap mulai dari sekat kandang, sanitasi, penghangat, ketersediaan air, pakan, dan tentu saja pengistirahatan kandang. Pemilik kandang harus berada di tempat saat proses pemasukan DOC. Kotak box DOC langsung dikeluarkan dari kendaraan pengangkut (truk) yang baru datang dan dibawa masuk ke dalam kandang ayam.

Aktivitas Saat Proses Pemasukan DOC Ayam Broiler

Kotak box berisi DOC dibuka pelan-pelan agar tidak membuat stres DOC atau anak ayam. Satu per satu DOC dikeluarkan dari dalam box dan dihitung jumlahnya. Biasanya dalam satu kotak box DOC terdapat beberapa DOC yang mati atau tidak sehat. DOC yang tidak sehat sebaiknya dipisahkan dan dimasukkan ke dalam kandang tersendiri agar tidak menular ke DOC yang lain. Sedangkan DOC yang mati sebaiknya langsung dibakar untuk membunuh bakteri dan virus agar tidak menular. Rata-rata dalam satu kotak box DOC ditemukan 2-5 DOC yang kurang sehat atau mati. Hal ini sudah diperkirakan oleh produsen DOC dan pembeli dapat komplain bila kasus kematian lebih dari angka tersebut.

DOC yang telah dimasukkan dalam kandang sekat langsung diberi air gula untuk mengembalikan energi yang hilang selama proses distribusi DOC. Air gula tersebut dapat pula dicampur dengan vitamin atau suplemen untuk mempercepat pemulihan kondisi fisik DOC. Pemberian pakan dihitung menurut rata-rata berat badan DOC dan kebutuhan energi harian. Namun dalam pelaksanaannya pemberian pakan tidak dibatasi jumlahnya. Pakan yang diberikan pada awal pemeliharaan berbentuk butiran-butiran kecil atau disebut crumbles. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. toni:

    wah ada tulisan tentang ayam broiler nih. mantap

Kirim pendapat