Profil Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul

Desa Wisata Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di kawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl dengan suhu udara rata-rata 23-27 C, jarak tempuh 20 km dari kota Wonosari dan 25 km dari kota Yogyakarta.

Ada 2 jalur jalan untuk menuju kawasan wisata ini melalui jalan aspal yang mulus. Dari arah Yogyakarta: Bukit Bintang Patuk pada sebuah perempatan atau simpangan Radio GCD FM belok kiri kira-kira 7 KM (arah desa Ngoro-Oro lokasi stasiun-stasiun transmisi), menuju desa Nglanggeran. Dari arah Wonosari: melewati Bunderan Sambipitu berbelok ke kanan arah dusun Bobung/kerajinan topeng dilanjutkan menuju ke Desa Nglanggeran.

Daya Tarik Desa Wisata Nglanggeran antara lain:

• Gunung Api Purba Nglanggeran. baca artikel selengkapnya di Survei Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran
  • Embung Nglanggeran. baca artikel selengkapnya di Embung Nglanggeran, Cikal Bakal Kebun Buah Nglanggeran Gunungkidul
  • Kebun Buah Nglanggeran
  • Seni Budaya Lokal
  • Kirab Budaya Bersih Desa Nglanggeran. baca artikel selengkapnya di Kemeriahan Kirab Budaya Kawasan Gunung Api Purba

Fasilitas Pendukung Desa Wisata Nglanggeran antara lain:

• Area Berkemah
  • Homestay
  • Lokasi Panjat Tebing
  • Pemandu
  • Sewa Mobil
KONTAK

Desa Wisata Nglanggeran

Sekretariat: Kalisong, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862