Potongan Batu Candi dari Dusun Ketandan

Potongan Batu Candi dari Dusun Ketandan
Rate this post

Selain Arca Durga, Yoni, dan potongan candi, masih ada pula beberapa potong candi atau situs lain yang dititipkan di halaman situs Watugudig. Menurut informasi disebutkan tujuan penitipan potongan candi untuk pengamanan dari tindak pencurian dan mempermudah penjagaan karena terbatasnya jumlah pegawai yang menjaga kawasan situ-situs purbakala.

Potongan batuan candi yang jumlahnya puluhan dititipkan di halaman Situs Watugudig berasal dari dusun Ketandam, desa Madurejo, kecamatan Prambanan.

Potongan batuan candi atau situs yang dipindahkan ini sebagian berasal dari tepian sawah dan sebagian lagi di halaman rumah penduduk. Batu-batu tersebut menurut informasi telah ditemukan beberapa tahun yang lalu namun kondisinya hanya disusun dan diletakkan di pinggir sawah. Sempat terbengkalai dan rawan terjadi pencurian dan akhirnya dipindahkan agar lebih mudah diawasi.

Batuan candi yang ditemukan berjenis batu andesit yang berwarna hitam dan batu putih. Tidak diketahui posisi asal atau asli saat potongan tersebut ditemukan karena diperkirakan letaknya sudah mengalami pergeseran. Selain itu relief batuan yang minim dan terkesan polos belum dapat disimpulkan kapan dilakukan pembangunan situs tersebut. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat