Pos Retribusi Candi Sukuh-Cetho Karanganyar

Pos Retribusi Candi Sukuh-Cetho merupakan salah satu pos penarikan retribusi tempat rekreasi yang dibangun pemerintah daerah kabupaten Karanganyar. Pos retribusi ini sebagai gerbang masuk kawasan wisata yang ada di dalamnya meliputi Air Terjun Jumog, Candi Sukuh, Air Terjun Parang Ijo, Kebun Teh Kemuning, dan Candi Cetho. Petugas yang menjaga pos retribusi ini ditunjuk langsung oleh pemerintah daerah setempat.

Pos Retribusi Candi Sukuh-Cetho berada di Dukuh Nglorok, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tarif retribusi resmi diatur oleh Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 42 tahun 2007.

Gerbang Pos Retribusi Candi Sukuh-Cetho Karanganyar

Penarikan retribusi di Pos Retribusi Candi Sukuh-Cetho Karanganyar ini terkesan tidak jelas dan cenderung seperti pungutan liar. Pasalnya, pengunjung yang memasuki salah satu obyek wisata yang ada di dalamnya masih dikenakan retribusi atau tiket masuk lagi. Selain itu pengunjung atau wisatawan yang membayar retribusi tersebut tidak mendapatkan manfaat dari retribusi yang dibayarkan. Bila hal ini dibiarkan dikhawatirkan jumlah wisatawan menurun dikarenakan banyakya retribusi wisata di kabupaten Karanganyar.

TARIF RETRIBUSI

Sepeda Motor : Rp 1.000,-

Mobil (sedan, jeep, wagon, sejenisnya) : Rp 5.000,-

Minibus dan sejenisnya : Rp 10.000,-

Bus dan sejenisnya : Rp 20.000,-

Kirim pendapat