Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang Sleman

Pos Pengamatan Kaliurang merupakan pos yang memiliki fungsi untuk memantau dan mengamati aktivitas Gunung Merapi dari kawasan Wisata Kaliurang. Menurut informasi, Pos Pengamatan Kaliurang ini merupakan pos pengamatan paling aman diantara pos pengamatan Gunung Merapi yang lain. Alasannya karena terhalang oleh dua bukit yaitu Bukit Turgo dan Bukit Plawangan. Hingga saat ini pos pengamatan ini masih berfungsi untuk memantau aktivitas Gunung Merapi dari sisi selatan.

Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang terletak di desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Pos pengamatan ini beroperasi sejak tahun 1996 dan dibawah kendali Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Annosmile di Halaman Pos Pengamatan Kaliurang

Keberadaan Pos Pengamatan Gunung Merapi di kawasan wisata Kaliurang jarang diketahui oleh wisatawan yang berwisata di Kaliurang. Letaknya sedikit tersembunyi dan berada ditengah-tengah area hotel dan penginapan. Saat mencarinya, saya sempat tersesat karena ketiadaan papan petunjuk arah menuju ke lokasi.

Suasana di kantor Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang ini cukup sepi ketika aktivitas Gunung Merapi menurun atau sedang memasuki fase istirahat. Meski tempat ini bukan merupakan tempat wisata namun kita diperbolehkan berkunjung serta bertanya mengenai informasi seputar aktivitas dan pengamatan Gunung Merapi.

Kantor Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang Sleman

Kawasan Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang berisi sebuah bangunan satu lantai dan disampingnya terdapat menara setinggi 25 meter. Di dalam bangunan kantor tersimpan alat alat  seperti pengukur kegempaan analog dan digital, maket kontur Merapi, riwayat letusan Gunung Merapi, dan sejumlah peta.

Baca Juga  Mengingat Perjuangan Jendral Sudirman di Museum Sasmitaloka

Menara Pandang Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang Sleman

Menara pengamatan setinggi 25 meter diperbolehkan untuk dinaiki oleh pengunjung umum, namun sebelumnya harus meminta izin dahulu kepada petugas yang bekerja dikantor. Di bagian puncak menara terhadap alarm tanda bahaya letusan yang dikendalikan secara manual dengan menutar tuasnya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pos Pengamatan Gunungapi Merapi (PPGM) Kaliurang
Jl. Giri Arum Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta
Telp: (0274) 895209

Kirim pendapat