Pos Pantauan Merapi Induk Balerante 149.070 Mhz

Pos Pantauan Merapi Induk Balerante 149.070 Mhz
3.5 (70%) 2 votes

Pos Pantauan Merapi Induk Balerante (Pos Balerante) seringkali terdengar ketika Gunung Merapi berulangkali meluncurkan lahar, guguran lava, atau awan panas yang dikenal dengan nama “wedhus gembel”. Pos pantauan ini dibangun pada tahun 2006 oleh relawan Merapi untuk mempermudah pengamatan, koordinasi, dan penanganan bencana Gunung Merapi.

Pos Pantauan Merapi Induk Balerante dengan frekuensi radio 149.070 Mhz atau dikenal dengan nama Merapi Balerante 907 beralamat di Gondang, Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Balerante terletak di sisi tenggara Gunung Merapi dan memiliki jarak sekitar 4 km dari puncak Gunung Merapi.

Papan Pos Pantauan Merapi Induk Balerante

Lokasi Pos Pantauan Merapi Induk Balerante tepatnya berada di dusun Gondang desa Balerante yang merupakan desa terakhir atau desa paling ujung yang berdekatan dengan puncak Gunung Merapi. Secara geografis Desa Balerante berada di tengah-tengah perbukitan antara Kali Woro dan Kali Gendol sebagai aliran lava Gunung Merapi dari sisi selatan dan tenggara. Jarak dengan puncak Gunung Merapi cukup dekat sekitar 4 km dan mempermudah melakukan pengamatan.

Akses menuju Pos Pantauan Merapi Induk Balerante cukup mudah ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua hingga roda empat. Kondisi jalanan terbilang sudah baik karena telah kembali dilakukan pengaspalan jalan untuk mempermudah evakuasi saat terjadi bencana. Namun saat menuju tempat ini kita tetap harus melalui jalur truk penambang pasir yang menggali pasir di sisi timur (Kali Woro) dan barat (Kali Gendol) Balenrante.

Bangunan Pos Pantauan Merapi Induk Balerante

Pagi itu suasana Pos Pantauan Merapi Induk Balerante tampak sepi dan senggang. Bangunan pos pemantauan tampak tertutup rapat dan tidak tampak aktivitas di sekitar bangunan pos pantauan. Sepertinya aktivitas di Pos Pantauan Merapi Induk Balerante hanya ramai ketika Gunung Merapi beraktivitas diatas normal (berubah status) dan ada kegiatan yang diselenggarakan oleh anggota pos.

Puncak Gunung Merapi cukup terlihat jelas dari Pos Pantauan Merapi Induk Balerante. Aktivitas Gunung Merapi saat itu masih terpantau aktif normal tanpa ada peningkatan aktivitas. Tidak ada larangan untuk melakukan aktivitas di sekitar lereng Gunung Merapi. Meskipun demikian masyarakat sekitar tetap diminta waspada dan berhati-hati karena Gunung Merapi merupakan gunung yang cukup aktif.

Batu Prasasti di Pos Pantauan Merapi Balerante

Pos Pantauan Merapi Induk Balerante ini letaknya cukup strategis untuk memantau kondisi Gunung Merapi dari sisi selatan dan tenggara. Alasannya, dari tempat ini cukup dekat dan tampak jelas rekahan puncak Gunung Merapi yang menjadi aliran atau luncuran lahar ke arah sisi selatan dan tenggara. Dengan demikian akan terekam dengan jelas segala aktivitas Gunung Merapi dari sisi selatan dan tenggara.

Keberadaan Pos Pantauan Merapi Induk Balerante cukup vital untuk menginformasikan segala aktivitas dan kegiatan Gunung Merapi secara cepat dan akurat karena posisinya lebih dekat dengan puncak dibandingkan Pos Pengamatan Gunung Merapi milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Proses evakuasi bisa dilakukan lebih cepat dan mengurangi resiko korban bencana. Hingga saat ini, informasi mengenai Gunung Merapi dari Pos Pantauan Merapi Induk Balerante dapat disimak secara bebas melalui frekuensi radio 149.070 Mhz dan media sosial semacam twitter dan facebook. (text/foto: annosmile)

BERITA TERKAIT

5 Juli 2012

Jalur baru pendakian ke puncak Gunung Merapi telah dibuka melalui Pos Balerante, Kecamatan Kemalang. Jalur baru tersebut masih cukup panjang dengan jarak tempuh Rute jalur pendakian dari Pos Balerante-Kali Talang-Kali Mati-Pos IV-Gajah Mungkur-sebelah Pasar Bubrah dan akhirnya pendaki akan mencapai puncak. Di sarankan memulai pendakian dari Balerante sekitar pukul 15.00, sehingga dinihari pendaki sampai di puncak Gunung Merapi. Selanjutnya pada pagi hari pendaki bisa menikmati keindahan alam Gunung Merapi dan sekitarnya. (sumber: KR Jogja)

INFORMASI
Pos Pantauan Merapi Induk Balerante 149.070 Mhz
Dusun Gondang, desa Balerante, kecamatan Kemalang, kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Telp: 082133423733
Email : indukbalerante_turahanawu@yahoo.com

Kirim pendapat