Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Sajian Kopi Di Lereng Tenggara Gunung Ungaran

Pondok Kopi Umbul Sidomukti merupakan daya tarik kuliner di dalam area Umbul Sidomukti Bandungan. Keberadaannya cukup dikenal karena kawasan wisata ini hanya terdapat beberapa warung makan saja. Menu utama yang ditawarkan kedai kopi ini tentu saja sajian kopi dan beberapa hidangan pendamping dalam menikmati kopi seperti pisang bakar, roti bakar, dan sebagainya.

Pondok Kopi Umbul Sidomukti terletak di kawasan Agrowisata Umbul Sidomukti, dusun Tegalsari, desa Sidomukti, kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Logo Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang

Lokasi Pondok Kopi Umbul Sidomukti berada di lereng tenggara Gunung Ungaran atau tepatnya di dalam kawasan Agrowisata Umbul Sidomukti Bandungan. Ada dua cara menuju tempat ini pertama melalui ambarawa dan kedua melalui Jalan Raya Ungaran-Bawen. Cara pertama dari Ambarawa menuju ke arah kecamatan Bandungan yang ada di sebelah atas atau sebelah utara. Sesampai di Pasar Bandungan ikuti petunjuk arah menuju ke Semarang atau Bawen dengan melewati jalan satu arah disekitar Pasar. Ikutilah jalan Jimbaran hingga menemui pasar Jimbaran. Di dekat Pasar Jimbaran ada sebuah pertigaan kecil ke arah kiri masuk perkampungan penduduk ikuti jalan kecil tersebut hingga lokasi.

Suasana Ruangan Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang

Bangunan Pondok Kopi Umbul Sidomukti menggunakan desain modern dan minimalis. Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini semi terbuka untuk memperlancar sirkulasi udara dan memberikan suasana sejuk lereng pegunungan. Selain itu dengan terbukanya ruangan akan mempermudah pengunjung menikmati pemandangan dari dalam bangunan. Meja kursi yang digunakan semuanya berbahan kayu dengan warna coklat yang selaras dengan alam. Fasilitas pendukung yang diberikan kedai kopi ini adalah mushola, kamar mandi, dan koneksi internet berjenis wifi. Hanya saja wifi tidak dapat digunakan secara bebas karena harus meminta username dan password kepada pengelola.

Baca Juga  Pisang Bakar dan Jadah Bakar, Santapan Hangat di Pegunungan

Pengunjung yang datang memasuki Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang langsung dipersilakan duduk di tempat yang masih kosong. Ada dua pilihan tempat duduk dimana tempat duduk yang berada di dalam bangunan yang terdiri dari dua lantai dan tempat duduk yang berada di halaman samping bangunan. Saya memilih tempat duduk di lantai atas bagian tepi untuk mendapatkan pemandangan atau view yang menarik. Pilihan duduk di dalam bangunan juga melindungi diri dari terpaan sinar matahari siang yang cukup menyengat.

Sajian Kopi Dan Roti Bakar Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang

Pelayan langsung mendatangi pengunjung yang baru baru saja datang untuk menawarkan menu makanan dan minuman yang tersedia. Daftar menu makan dan minuman disertakan dengan harga sehingga pengunjung dapat memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. Minuman utama yang disajikan adalah kopi blended Sidomukti dan beberapa jenis kopi yang sudah umum seperti cappuccino, moccacino, kopi hitam, chocholatte, dan sebagainya. Bila pengunjung telah siap untuk memesan maka pelayan akan datang untuk mencatat pesanan. Setelah pelayan mencatat pesanan, pengunjung langsung dipersilakan membayar pesanan langsung di kasir. Tidak lama kemudian pesanan segera tersaji di meja pengunjung.

Pemandangan Dari Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang

Cita rasa sajian kopi yang disajikan Pondok Kopi Sidomukti terbilang biasa dan kurang istimewa. Saya sedikit kecewa karena berharap terlalu berlebihan bahwa sajian kopi yang ditawarkan lebih nikmat dibandingkan sajian kopi di Banaran Coffe. Usut punya usut ternyata sajian kopi yang ditawarkan tidak berasal dari perkebunan kopi yang ada di sekitar Agrowisata Umbul Sidomukti melainkan berupa kopi instan. Entah alasan pengelola mengapa tidak atau belum menggunakan bahan kopi yang ditanam di daerah sekitar. Untuk sajian makanan sendiri sudah cukup lezat dan sesuai dengan standar makanan kedai kopi di Indonesia.

Baca Juga  Mie Ayam Pak De, Mie Ayam Bercita Rasa Desa Di Tempuran Magelang

Secara keseluruhan kemasan Pondok Kopi Umbul Sidomulti cukup menarik meskipun menggunakan konsep yang minimalis. Daya tarik rasa kopi yang biasa tertutup oleh indahnya pemandangan yang dinikmati dari tempat ini. Selain itu harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan cukup murah untuk ukuran hidangan makanan dan minuman di kawasan wisata. Pengunjung dapat berlama-lama berada di tempat ini sambil menikmati suasana dan pemandangan yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pondok Kopi Umbul Sidomukti
Agrowisata Umbul Sidomukti, Dusun Tegalsari, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Telp: (024) 70128686

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 21.00 WIB

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. sidiq leadership jogja:

    pemandangan lreng gunungnya bagus banget….. Daerah Bandungan dimna ya??koq saya asli semarang gak tau hhehe…..mungkin aku saja kuper (kurang perjalanan) hehe
    nti coba cari tau daerah itu …..
    terima kasih mas ata infonya…saya tidak mmbaca artikl ini pasti tidak tau lereng gunung unggaran…

  2. wirahartono:

    Wih enak banget ya minum kopi sambil menikmati view yang spektakuler, jadi inget rumah orangtua di tanjung lesung yang menghadap ke pantai. Rumah di banten yang masih murah dan developernya terpercaya dimana yah?

  3. bersapedahan:

    wah sayang banget …. kopi ditempat seperti ini dari kopi instant

  4. abah shofi:

    sayang ya mas.. padahal terasuk sentra kopi, tapi masih pake kopi instan. Kedai-kopi seperti ini harus diperbanyak, karena indonesia termasuk sentra kopi dunia ya.. selain itu juga bisa memajukan ekonomi masyarakat.

Kirim pendapat