Pondok Grape Madiun, Nikmatnya Kuliner Ikan Air Tawar

Pondok Grape Madiun, Nikmatnya Kuliner Ikan Air Tawar
1 (20%) 2 votes

Berkeliling kawasan pedesaan kabupaten Madiun menghantarkan kami menuju sebuah hutan wisata yang dikenal dengan nama Wana Wisata Grape. Ketika tiba di Wana Wisata Grape, pandangan mata tertuju pada sebuah warung pondok bernama Pondok Grape dan sepertinya menarik untuk dicicipi. Pondok Grape ini berdiri di seberang Wana Wisata Grape dan berada di tepi sungai dengan suasana lingkungan yang masih teduh.

Pondok Grape merupakan salah satu wisata kuliner di kawasan Wana Wisata Grape, desa Kresek, kecamatan Wungu, kabupaten Madiun. Menyediakan daya tarik kuliner berupa olahan bermacam-macam ikan air tawar.

Pondok Grape Dari Depan

Memasuki Pondok Grape, kami langsung menuju kasir untuk melihat menu makanan yang tersedia. Cukup banyak menu yang ditawarkan mulai dari iwak wader hingga gurameh bakar. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dikantong dan kita memperkirakan biaya yang harus dibayarkan nantinya. Setelah memesan makanan, kami langsung berjalan mencari tempat duduk yang nyaman buat bersantai.

Lokasi tempat duduk yang ditawarkan oleh pengelola Pondok Grape adalah gubug-gubug kecil yang diberi alas tikar untuk duduk lesehan. Pilihan tempat kami duduk pada gubug paling ujung yang berhimpitan langsung dengan sungai. Dari gubug yang kami pilih ini, kita bisa melihat derasnya aliran air sungai yang jernih tanpa adanya pencemaran karena berada di area hutan.

Suasana Pondok Grape

Sambil menunggu pesanan tiba, kami bersantai di gubug yang cukup luas ini sambil menikmati aliran air sungai yang jernih. Suasana yang teduh dan angin sepoi-sepoi membuat kami merasa betah berlama-lama berada di tempat ini. Tidak lama kemudian pesanan yang kami tunggu-tunggu akhirnya tiba.

Menu favorit yang kami pesan berupa iwak wader, udang air tawar, ikan kuthuk, dan urap sayur tersaji bersama dengan nasi putih, sambal, dan lalapan. Tidak ketinggalan mangkok kecil yang digunakan untuk mencuci tangan meskipun tidak jauh dari tempat kami duduk terdapat tempat cuci tangan.

Hidangan Aneka Ikan Air Tawar Pondok Grape

Tanpa menunggu lama kamipun segera menyantap menu yang telah kami pesan. Meskipun tidak tampak istimewa, rasanya cukup lezat seperti menu ikan air tawar yang biasa kami nikmati di sekitar Yogyakarta. Iwak wader dan udang air tawar yang kecil-kecil digoreng dengan tepung yang tipis sehingga masih dominan rasa ikannya ketimbang tepungnya.

Tidak ketinggalan ikan kuthuk yang memiliki rasa khas dan unik namun cukup disayangakn ukuran ikannya kecil-kecil. Urap sayur yang disajikan masih terasa segar dengan bumbu yang pas di lidah. Sambal merah pun terasa cukup pedas dan cocok sebagai pendamping saat menikmati hidangan ikan air tawar.

Menu Iwak Wader Pondok Grape

Setelah selesai bersantap makanan, kami tidak buru-buru meninggalkan lokasi Pondok Grape. Sejenak kami bersantai setelah kekenyangan menyantap menu ikan air tawar yang kami pesan. Setelah puas bersantai beberapa saat akhirnya kami meninggalkan tempat ini untuk kembali ke kota Madiun.

Secara keseluruhan menu makanan di Pondok Grape cukup lezat dan menarik untuk dicicipi. Harga yang tergolong murah untuk ukuran harga makanan di sekitar kawasan wisata. Tidak heran bila menjelang siang hari, cukup banyak arus pengunjung Pondok Grape yang datang dari kota Madiun yang ditempuh dengan waktu kurang dari 30 menit. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Pondok Grape
  • 8/10
    Wader Goreng - 8/10
  • 7/10
    Ikan Kuthuk Goreng - 7/10
  • 6/10
    Udang Goreng - 6/10
  • 7/10
    Urap Sayur - 7/10
  • 8/10
    Sambal Merah - 8/10
7.2/10

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Idah Ceris:

    Apa mungkin ikannya belum layak panen, sehingga masih kecil2, Mas. Hahaha

    • admin:

      ikan wader kan emang kecil2 gitu mbak :)

  2. Griya Larasati:

    Terima kasih informasinya…waaah bener-bener pelintas jalanan super aktif. menarik infonya…cuma sebenarnya pondok ini dimana, dan bagaimana menuju kesana, misalnya berangkat dari stasiun Madiun atau dari alun-alun kemana gitu mas…hehehehe

  3. wahyu asyari muntoha:

    Allahuakbar.. itu dimakan siang2 pas puasa gini nikmat banget kayaknya.. tapi batal..

Kirim pendapat