Pojok Beteng Lor

Pojok Beteng Lor
Rate this post

Di dekat taman parkir Ngabean terdapat sisa-sisa ujung tembok Baluwarti yang  mengelilingi Kraton Yogyakarta yang sering disebut dengan nama Pojok Beteng Lor atau Pojok Beteng Lor Kulon.

Pojok Beteng Lor memiliki nama lain Pojok Beteng Lor Kulon, Jokteng Lor, Jokteng Ngabean merupakan sisa-sisa bangunan benteng kraton Yogyakarta yang masih dilestarikan dan dipelihara keberadaannya. Fungsinya sebagai bangunan pengintai musuh.

Foto Pojok Beteng Lor

Bangunan Pojok Beteng Lor ini masih tersisa tempat pengintaian sebanyak tiga buah sama seperti Pojok Beteng Kulon (daerah Pugeran). Benteng Baluwarti yang menghubungkan beteng ini sudah hilang atau hancur dan saat ini sudah menjadi kawasan pemukiman.

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. anazkia:

    kalau ke Jogja ternyata nggak cukup seminggu :)

Kirim pendapat