10 Pesanggrahan Milik Kraton Yogyakarta

6. Pesanggrahan Sanapakis

Pesanggrahan Sanapakis merupakan pesanggrahan milik raja yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono II (HB II). Letaknya berada di dusun Sonopakis Lor, kelurahan Ngestiharjo, kecamatan Kasihan, Kkabupaten Bantul. Fungsi utama pesanggrahan tersebut adalah sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga raja, maka di pesanggrahan tersebut biasanya dilengkapi dengan fasilitas taman, kebun, sumber air dan kolam. Saat ini keberadaan pesanggrahan ini nyaris tidak tersisa.

7. Pesanggrahan Ambarbinangun

Pesanggrahan Ambarbinangun merupakan pesanggrahan milik raja yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono VI (HB VI) oleh seorang pengusaha Belanda bernama Wenschang. Pesanggrahan ini terletak di Ambarbinangun, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Pada masa awal pemerintahan Sultan Hamengku Buwono IX, pesanggrahan ini masih digunakan sebagai tempat pesiar raja dan kerabatnya. Namun pada masa penjajahan Jepang tempat ini digunakan sebagai pusat pelatihan kaibodan dan seinendan.

8. Pesanggrahan Madya Ketawang

Pesanggrahan Madya Ketawang merupakan markas dari kesatuan Bregada Langen Kesuma yakni kesatuan khusus prajurit berkuda putri pengawal raja. Tidak diketahui penjelasan lebih lanjut mengenai lokasi dan asal usul pesanggarahan ini.

9. Pesanggrahan Samas

Pesanggrahan Samas merupakan pesanggrahan milik raja yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono II (HB II). Pesanggrahan ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan, rekreasi serta untuk kepentingan religius. Saat ini Pesanggrahan Samas hanya menyisakan bekas tembok yang membujur ke utara – selatan dengan batu bata berspesi dan diplester dengan semen.

Baca Juga  Watu Amben Pandeyan, Pilihan Bersantai Di Perbatasan Bantul-Gunungkidul

10. Pesanggrahan Garjitawati

Pesanggrahan Garjitawati mesanggrahan kuno yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan yang digunakan pada saat iring-iringan yang membawa jenasah raja-raja kasultanan Mataram dari Surakarta dan Kartasura yang meninggal. Para Raja Mataram yang meninggal ini biasanya akan dimakamkan di Makam Raja-Raja Imogiri yang terletak di sebelah selatan Yogyakarta. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai pesanggrahan ini. (sumber: dari berbagai sumber, text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    wah ternyata banyak juga ya ..
    saya hanya baru datang ke taman sari … itu sih yang paling populer ..

  2. Anggoro:

    Tolong dong foto-fotonya ditampilkan

    • admin:

      Hi Anggoro,
      Foto-fotonya sudah ada kok silakan muat ulang browser Anda. Terima kasih :-)

Kirim pendapat