10 Pesanggrahan Milik Kraton Yogyakarta

Bangunan pesanggrahan milik Kraton Kasultanan Yogyakarta tersebar di beberapa tempat di wilayah kekuasaannya. Bangunan ini secara umum berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan rekreasi raja. Tercatat sekitar 10 (sepuluh) pesanggrahan yang berhasil kami telusuri. Satu dua pesanggrahan tersebut masih terlihat utuh dan terawat dengan baik. Namun sebagian besar diantaranya hanya tersisa reruntuhan tau puing-puingnya saja. Berikut ke 10 (sepuluh) bangunan pesanggrahan milik Kraton Kasultanan Yogyakarta antara lain:

1. Pesanggrahan Ambarketawang

Tugu Petilasan Pesanggrahan Ambarketawang Sleman

Pesanggrahan Ambarketawang atau Kraton Ambarketawang merupakan bangunan yang digunakan sebagai istana sementara Sultan Hamengku Buwono I (HB I) selama pembangunan Kraton Yogyakarta. Pesanggrahan ini digunakan sebagai istana sementara mulai tanggal 9 Oktober 1755 hingga 7 Oktober 1756. Saat ini Pesanggrahan Ambarketawang hanya tersisa puing-puing bangunan saja.

Baca artikel selengkapnya di Petilasan Pesanggrahan Ambarketawang Di Gamping Sleman

2. Pesanggrahan Taman Sari (Istana Air Tamansari)

Pemandangan Umbul Pasiraman Taman Sari Dari Sisi Utara

Pesanggrahan Taman Sari atau lebih dikenal dengan nama Istana Air Taman Sari dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I (HB I). Pesanggrahan ini merupakan satu-satunya peristirahatan raja yang dibangun di dalam kompleks Kraton Yogyakarta. Pesanggrahan Taman Sari pada awalnya memiliki luas lebih dari 10 hektar dengan sekitar 57 bangunan baik berupa kolam pemandian, kanal air, jembatan gantung, gedung, danau buatan, pulau buatan dan lorong bawah tanah.

Baca artikel selengkapnya di Taman Sari, Bangunan Menawan Peninggalan Kraton Yogyakarta

Baca Juga  Festival Gerobak Sapi 2015, Berkumpulnya Ratusan Gerobak Sapi Di Bantul

3. Pesanggrahan Rejowinangun (Warungboto)

Sudut Lain Kolam Pemandian Di Situs Warungboto Yogyakarta

Pesanggrahan Rejowinangun atau lebih dikenal dengan nama Pesanggrahan Warungboto merupakan pesanggrahan yang dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono II. Ddiperkirakan bangunan pesanggrahan ini dibangun pada tahun 1800 dengan rancangan mirip seperti Istana Air Taman Sari namun berukuran lebih kecil. Hal yang menjadi kemiripan adalah adanya lantai bawah tanah, bangunan bertingkat dua, taman, kolam pemandian, dan tembok yang mengelilinginya.

Baca artikel selengkapnya di Pesanggrahan Warungboto Yogyakarta, Reruntuhan Bangunan Peristirahatan Milik Sultan HB II

4. Pesanggrahan Ambarukmo

Kolam Di Belakang Pesanggrahan Ambarukmo

Pesanggrahan Ambarukmo merupakan pesanggrahan milik raja yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono V (1823-1855) dan selesai dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono VII (1877-1921). Saat ini pesanggrahan ini diapit oleh dua bangunan besar yaitu Ambarukmo Plaza dan Hotel Ambarukmo. Pesanggrahan Ambarukmo ini dulunya merupakan tempat kediaman Sultan Hamengku Buwono VII sesaat setelah beliau turun tahta atau lengser keprabon. Kondisi pesanggrahan ini terawat dengan baik dan telah mengalami beberapakali renovasi.

Baca artikel selengkapnya di Pesanggrahan Ambarukmo, Pesanggrahan Milik Kraton Yogyakarta Yang Diapit Hotel dan Mall

5. Pesanggrahan Gua Siluman

Pesanggrahan Gua Siluman atau memiliki nama lain Pesanggrahan Wonocatur merupakan pesanggrahan milik raja yang  dibangun oleh Sultan Kraton Yogyakarta. Tempat ini lebih tepat disebut sebagai tempat bertapa atau bersemedu. Daya tarik magisnya konon mampu untuk membuang sial, meruwat supaya nasib seseorang menjadi lebih baik lagidan sebagainya.

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    wah ternyata banyak juga ya ..
    saya hanya baru datang ke taman sari … itu sih yang paling populer ..

  2. Anggoro:

    Tolong dong foto-fotonya ditampilkan

    • admin:

      Hi Anggoro,
      Foto-fotonya sudah ada kok silakan muat ulang browser Anda. Terima kasih :-)

Kirim pendapat