Petilasan Pesanggrahan Ambarketawang Di Gamping Sleman

Petilasan Pesanggrahan Ambarketawang Di Gamping Sleman
3.2 (63.33%) 6 votes

Pesanggrahan Ambarketawang merupakan bangunan peristirahatan atau semacam istana kecil milik Kraton Yogyakarta. Sejarah pesanggrahan ini cukup penting karena pernah digunakan sebagai istana atau kraton pertama oleh Kasultanan Yogyakarta selama setahun. Tercatat digunakan sebagai istana Kasultanan Yogyakarta pada tanggal 9 Oktober 1755 hingga 7 Oktober 1756.

Pesanggrahan Ambarketawang atau bernama lain Petilasan Kraton Ambarketawang beralamat di desa Ambarketawang, kecamatan Gamping, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Tugu Petilasan Pesanggrahan Ambarketawang Sleman

Lokasi Petilasan Pesanggrahan Ambarketawang berada di sebelah selatan Cagar Alam Gunung Gamping. Rute menuju tempat ini dari pertigaan Jalan Ringroad Barat Gamping pilihlah jalan lurus ke arah barat. Sekitar 200 meter setelah Pasar Gamping ada perempatan kecil tanpa lampu merah dan pilihlah jalan ke arah kiri. Ikuti jalan kecil tersebut sejauh 300 meter dan masuklah gang pemukiman penduduk setelah gang menuju Cagar Alam Gunung Gamping. Posisi Pesanggrahan Ambarketawang berada di depan rumah penduduk.

Reruntuhan Tembok Petilasan Pesanggrahan Ambarketawang Sleman

Kondisi Pesanggrahan Ambarketawang hanya tersisa puing-puing sehingga lebih dikenal sebagai petilasan Kraton Ambarketawang. Tembok besar yang kondisinya sudah tidak utuh di depan rumah warga diperkirakan merupakan tembok paling depan dari pesanggrahan ini. Sementara areal kosong di sebelah timur tembok tersebut merupakan pintu gerbang menuju bagian dalam pesanggrahan. Pekarangan di sebelah selatan tembok yang kini ditumbuhi pohon-pohon besar merupakan bekas alun-alun pesanggrahan, sedangkan tembok di sebelah selatan pekarangan itu merupakan bekas kandang kuda.

Hal yang menarik perhatian adalah keberadaan sumur bertuah. Air dari sumur yang berusia sama dengan Pesanggrahan Ambarketawang ini konon mampu menyembuhkan beragam penyakit. Menurut cerita, pernah ada seorang lumpuh yang mandi dengan air sumur ini dan akhirnya sembuh seketika. Hingga kini, air sumur ini masih digunakan oleh warga setempat, terutama bila ada salah satu anggota keluarga yang sakit.

Sisa-Sisa Bangunan Petilasan Pesanggrahan Ambarketawang Sleman

Bangunan semacam lantai bersemen yang telah berlumut di sekitar kawasan Pesanggrahan Ambarketawang konon merupakan bagian dari bangunan lantai atas pesanggrahan ini. Bahkan, bangunan itu merupakan satu-satunya bangunan lantai atas istana yang masih bisa dijumpai sebab bangunan lantai atas lainnya telah hilang dan bangunan lantai bawahnya hingga kini tertimbun tanah.

Secara keseluruhan keberadaan Pesanggrahan Ambarketawang kurang menarik digunakan sebagai  tempat wisata karena hanya tersisa puing-puing saja. Rata-rata pengunjung yang datang ke tempat ini bertujuan untuk melakukan penelitian tentang situs bersejarah ini atau hanya sekedar penasaran dengan petilasan kraton ini. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat