Penemuan Arca di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

Penemuan Arca di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul
Rate this post

Di sekitar kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran pernah ditemukan beberapa peninggalan purbakala berupa potongan arca atau patung. Bukti-bukti yang ditemukan menunjukkan bahwa ribuan tahun lalu di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran telah terdapat peradaban. Meski demikian belum banyak penelitian sejarah yang dilakukan di kawasan ini.

Arca tanpa kepala ditemukan di sekitar puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, lainnya ditemukan di kawasan sekitar goa putri (song). Semua arca telah diamankan dan terpelihara dengan baik.

Potongan Arca Tanpa Kepala Di Nglanggeran Gunungkidul

Beberapa penemuan purbakala di Gunung Api Purba Nglanggeran seperti sebuah patung kepala berlapis emas yang disebut sebagai patung kepala desa sudah diamankan dan disimpan sebagai koleksi di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Sedangkan dua buah arca masih dibiarkan teronggok di pekarangan rumah warga di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Mungkin masih banyak peninggalan lain yang telah ditemukan, namun ketiadaan informasi membuat banyak orang tidak mengetahuinya.

Ketika berkunjung ke kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran untuk kesekian kalinya, saya mencoba menelusuri dan melihat kondisi arca yang masih dititipkan di halaman rumah warga tersebut. Lokasi arca tersebut di halaman rumah warga yang lokasinya tidak jauh dari Pendopo Kalisong dan saat ini rumah tersebut digunakan sebagai homestay wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata. Setelah meminta izin pemilik rumah, saya langsung mengamati dua buah arca yang dibiarkan teronggok di tepi halaman rumah berdampingan dengan pot-pot tanaman.

Potongan Arca Bagian Bawah Tubuh Di Nglanggeran Gunungkidul

Arca-arca batu Gunung Api Purba Nglanggeran yang ditemukan sudah tidak utuh lagi. Sebuah arca sudah hilang dibagian kepala, tangan, dan lengan dan satunya lagi hanya tersisa bagian kaki hingga pinggang saja. Bentuk arca yang ditemukan mirip dengan patung Buddha yang ditemukan di situs Arca Bugisan namun ukurannya lebih kecil.

Tidak terdapat kejelasan apakah Arca batu yang ditemukan di Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan arca atau patung Buddha. Beberapa warga sekitar yang kami tanyai tidak menjelaskan asal-usul potongan arca tersebut. Mereka hanya mengetahui bahwa potongan patung yang ada merupakan arca yang ditemukan di salah satu kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. jugglingart:

    Sepertinya Indonesia belum terlalu antusias buat mengelola penemuan-penemuan bersejarah ini ya? masih banyak situs yang tidak diolah. padahal ini aset lho

Kirim pendapat