Pendopo Soeharto-Whitlam Dieng

Pendopo Soeharto-Whitlam Dieng
3 (60%) 1 vote[s]

Pendopo Soeharto-Whitlam merupakan bangunan bersejarah yang berada di dekat Kompleks Candi Arjuna Dieng. Bangunan ini menjadi saksi sejarah dimana menjadi lokasi bertemunya antara dua pemimpin negara yaitu Presiden Ke 2 Indonesia Soeharto dan Perdana Menteri Australia Mr.Gough Whitlam. Kondisinya saat ini telah dipugar dan menjadi salah satu daya tarik wisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Pendopo Soeharto-Whitlam terletak di desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pendopo Soeharto Whitlam Dieng Dari Depan

Dalam sejarah yang tertulis pada tanggal 7 September 1974 Presiden Ke 2 Indonesia bapak Soeharto melakukan pertemuan dengan perdana menteri Australia waktu itu, Mr.Gough Whitlam. Dalam pertemuan selama 15 menit, Australia menyatakan dukungan atas kemungkinan integrasi Timor Timur ke wilayah Indonesia. Entah alasan mengapa para petinggi negara tersebut melakukan pertemuan di daerah terpencil yang dahulu masih susah untuk diakses dan hingga saat ini belum terjawab.

Karena memiliki nilai sejarah, bangunan tempat persinggahan Presiden Soeharto dan Perdana Menteri Mr.Gough Whitlam ditetapkan sebagai cagar budaya dan dinamai Pendopo Soeharto-Whitlam. Meskipun terlihat sederhana, Pendopo Soeharto-Whitlam memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan bisa di gunakan untuk berbagai kegiatan seperti kegiatan pertemuan, seminar, maupun acara lainnya. Saat saya memasukinya, di dalam gedung seluas 500 meter persegi tersebut tidak ditemukan dokumentasi mengenai pertemuan yang dilakukan oleh Presiden Soeharto. Bukti yang tersisa hanya ditunjukkan oleh prasasati berupa lempengan batu marmer bertuliskan nama dua kepala pemerintahan tanpa disertai tanda tangan keduanya. Rasanya sedikit janggal namun keberadaannya menjadi bagian dari sejarah bangsa ini. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Warna-Warni Festival Balon Udara Tradisional Wonosobo
INFORMASI
Pendopo Soeharto-Whitlam
Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk: -
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. alan:

    iya kak.. ak juga temasuk orang yg g tau :o

Kirim pendapat