Penampungan Sementara Potongan Batuan Candi Di Desa Tirto, Salam, Magelang

Halaman Kantor Kepala Desa Tirto menjadi salah satu tempat penyimpanan potongan batuan candi di sekitar kecamatan Salam, kabupaten Magelang. Tempat ini menjadi lokasi pengumpulan sementara potongan batuan situs dan candi yang ditemukan oleh warga sekitar yang rata-rata ditemukan saat mencangkul tanah di persawahan atau saat menggali tanah di sekitar rumah. Belum diketahui apakah nantinya juga akan dibangun Situs Penampungan BCB di tempat ini.

Kantor Kepala Desa Tirto beralamat di desa Tirto, kecamatan Salam, kabupaten Magelang. Di halaman kantor kepala desa Tirto tersimpan beberapa potongan candi dan arca yang ditemukan di sekitar desa.

Halaman Kantor Desa Tirto, Salam, Magelang

Lokasi tempat pengumpulan potongan batu candi dan arca berada di dalam area kantor Desa Tirto. Namun untuk mencari lokasi kantor Desa Tirto tidak mudah karena lokasi kantor desa berada di dalam area desa dan jauh dari jalan raya. Kami sempat berulangkali bertanya dan tersesat ketika mencari kantor desa tersebut.

Potongan Batu Candi Yang Disimpan di Kantor Desa Tirto, Salam, Magelang

Saat tiba di kantor desa Tirto, suasana tampak sepi karena sedang hari libur dan tidak ada aktivitas di kantor. Kami langsung menuju ke tempat penyimpanan dan pengumpulan potongan candi dan arca di sebelah belakang dekat ruang penjaga kantor.

Baca Juga  Senja di Pasar Ngarsopuro

Potongan batuan candi dan arca nampaknya dibiarkan begitu saja diletakkan di halaman terbuka tanpa ada penutup pada bagian atasnya. Bila cuaca sedang panas batuan candi tersebut langsung terkena pancaran sinar matahari yang keras. Namun bila hujan, potongan candi tersebut akan basah terkena air hujan. Kondisi semacam ini bila dibiarkan akan menyebabkan pelapukan batuan candi.

Arca Durga Di Kantor Desa Tirto, Salam, Magelang

Beberapa potongan candi yang dapat diselamatkan berjumlah belasan mulai dari bentuk persegi panjang dengan hiasan hingga berbentuk bulat seperti umpak atau pondasi. Beberapa diantaranya kondisinya masih utuh dan sebagian lagi telah hilang ukirannya. Arca yang diperkirakan merupakan Arca Durga kondisinya tidak utuh lagi dengan muka telah hancur.

Kondisi penyimpanan dan pengumpulan potongan batuan candi dan arca di kantor Desa Tirto terlihat kurang terawat dan sepertinya hanya dibiarkan begitu saja di halaman belakang. Disebelahnya terdapat tumpukan sampah yang sepertinya dibiarkan begitu saja. Tidak ada upaya perawatan atau penataan di tempat penyimpanan dan pengumpulan batu candi karena mungkin hanya bersifat sementara. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. PRofijo:

    Segala hal yang sifatnya “perawatan” selalu butuh ragat je….

  2. Idah Ceris:

    Kalau kena hujan terus menerus bisa rapuh gak si, Mas?

    Eman2 yooo. . .

Kirim pendapat