Pemisahan Telur Ayam Layer Berdasarkan Ukuran

Rate this post

Setelah telur ayam layer diambil dari kandang dan dikumpulkan, pekerjaan peternak ayam petelur mandiri belum selesai karena harus melakukan pengelompokkan sebelum dipasarkan atau diambil oleh para distributor. Di dalam ruangan tempat penyimpanan telur dilakukan pengelompokan dan penggolongan telur berdasarkan ukuran.

Mula-mula dipisahkan antara telur yang utuh dengan telur yang cacat. Telur cacat dalam arti kerabang mengalami retak atau pecah dan memiliki ukuran yang aneh atau kecil. Telur cacat ini masih laku terjual dan biasa dibeli oleh industri roti dan makanan karena harganya cukup murah dibandingkan telur utuh. Pembelian telur yang pecah atau tidak utuh dalam industri makanan untuk memangkas biaya produksi.

Telur-telur yang utuh dipisah lagi menjadi tiga bagian klasifikasi berdasarkan ukuran yaitu besar, sedang (medium), dan kecil. Pembagian menjadi tiga bagian klasifikasi ini dirasa cukup mudah dilakukan dan sesuai permintaan pasar lokal. Walaupun dalam standar internasional terdapat pembagian berdasarkan berat sebanyak enam klasifikasi yaitu Jumblo (68,5 gram), Sangat Besar (61,4 gram), Besar (54,3 gram), Medium (47,2 gram), Kecil (40,2 gram), dan Pee Wee (< 40 gram). (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Bicara Mengenai Bibit Durian Di Alasmalang Banyumas

Kirim pendapat