Pembersihan Kandang Ayam Broler

Pembersihan Kandang Ayam Broler
2 (40%) 1 vote

Pembersihan Kandang ayam broiler merupakan tahap pertama dari persiapan kandang setelah dilakukan pemanenan ayam. Pembersihan kandang dapat langsung dilakukan setelah selesai dilakukan pemanenan pada saat itu juga untuk mempersingkat waktu persiapan kandang. Bila persiapan kandang telah selesai maka kandang dapat digunakan kembali untuk memelihara ayam broiler.

Foto Contoh Kandang Ayam Broiler

Pembersihan kandang ayam dimulai pada bagian atas kandang yaitu bagian atap dan langit-langit kandang. Pembersihan kandang pada bagian atas ini menggunakan sapu bergagang panjang untuk membersihkan sarang laba-laba, kotoran, dan debu yang menempel. Selanjutnya dilakukan pembersihan pada bagian lantai kandang dengan menggunakan semprotan selang air. Air disemprotkan ke permukaan lantai dan didiamkan beberapa saat agar kotoran yang menempel menjadi basah dan mudah dibersihkan.

Lantai kandang yang basah kemudian digosok menggunakan sapu lidi atau lap bergagang sambil disemprot air hingga bersih. Beberapa orang menyarankan sebagian air yang disemprotkan dicampur dengan senyawa pembersih seperti detergen atau sabun agar kerak yang menempel benar-benar hilang. Namun setelah itu harus dibilas hingga bersih dan tidak meninggalkan jejak sabun. Proses pembersihan ini diperlukan ketelitian dan ketekunan dalam membersihkan kandang agar hasil akhirnya memuaskan. Setelah proses pembersihan kandang selesai, kandang ayam yang basah dibiarkan hingga kering. Tahap selanjutnya adalah proses pengapuran kandang dan pengistirahatan kandang. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat