Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan

Pemandian Air Panas Sangkanurip merupakan salah satu pemandian air panas alami yang berada di wilayah kabupaten Kuningan Jawa Barat yang cukup terkenal. Pemandian ini berada di kaki Gunung Ciremai yang beriklim sejuk. Fasilitas pendukung wisata di pemandian ini cukup lengkap dan terawat dengan baik.

Pemandian Air Panas Sangkanurip terletak di desa Sangkanurip, kecamatan Cigandamekar, kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Lokasi Pemandian Air Panas Sangkanurip berada di lereng Gunung Ciremai tepatnya di sebelah utara dari kota Kuningan. Rute termudah menuju ke tempat ini dari kota Kuningan ke arah utara sebelum tiba di Linggarjati belok ke kanan hingga tiba di lokasi. Papan petunjuk arah dari pusat kota Kuningan cukup jelas karena saat ini telah menjadi salah satu destinasi utama wisata kabupaten Kuningan.

Kawasan wisata Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan terbagi dalam satu wisata pemandian utama yang dikelilingi kawasan hotel berfasilitas pemandian air panas pribadi. Pengunjung atau wisatawan dapat memilih akan mandi di pemandian air panas umum yang dimanfaatkan banyak orang atau ingin menikmati berendam air panas tanpa ada gangguan orang lain (privat). Sebagian besar wisatawan lebih memilih berendam atau mandi di kolam pemandian utama atau umum yang bertarif murah.

Baca Juga  Bukit Mangunan, Pesona Sunrise Dan Negeri Diatas Awannya Jogja

Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan terdiri dari kolam air panas atau air hangat dan kolam air dingin. Kolam pemandian air panas yang dibangun di salah satu sudut berwarna keruh kecoklatan karena mengandung senyawa belerang. Kadar belerang yang cukup tinggi ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti reumatik, pegal-pegal, kesemutan, maupun penyakit kulit lainnya. Suhu pemandian air panas ini berkisar antara 36-39º C tergantung tingginya panas yang dikeluarkan sumber air panas alami yang berada di samping kolam pemandian.

Kolam pemandian air dingin atau kolam renang air biasa di Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan tidak kalah menarik dimana dibangun papan luncur unik dengan bentuk kepala naga. Selain itu disediakan pula kolam pemandian khusus untuk balita dan anak-anak dengan kedalaman yang dangkal. Fasilitas pendukung wisata cukup lengkap mulai dari kamar ganti, kamar bilas, wc umum, warung penjual makanan, hingga kios penjual pakaian ganti. Secara keseluruhan Pemandian Air Panas Sangkanurip dapat direkomendasikan sebagai salah satu lokasi berendam atau mandi air panas dari sumber air panas alami di sekitar Kuningan dan Cirebon dengan fasilitas yang cukup lengkap. (text: annosmile foto: danny)

Kirim pendapat