Berendam Air Panas Sejenak di Kolam Renang Air Panas Candi Gedongsongo

Bila mengelilingi kawasan Candi Gedongsongo secara penuh, pasti anda akan menemui sebuah kawah kecil yang berada di lempitan lereng Gunung Kendalisodo. Keberadaan kawah kecil tersebut tidak berbahaya dan memproduksi air panas alami yang cukup banyak. Sehingga dibuatkanlah sebuah kolam renang pemandian air panas di dekatnya. Saat melewati kawasan tersebut, kami penasaran ingin menikmati berendam di kolam renang air panas tersebut sambil beristirahat sejenak.

Sumber Air Panasdi Kompleks Candi Gedongsongo merupakan sumber air panas di lereng Gunung Kendalisodo, anak Gunung Ungaran di sisi selatan yang masuk wilayah desa Candi, kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang.

Pintu Masuk Kolam Renang Air Panas Candi Gedong Songo

Untuk menggunakan fasilitas kolam renang air panas Candi Gedongsongo, kami dipersilakan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Sepertinya tiket masuk Candi Gedongsongo tidak berlaku untuk seluruh fasilitas yang ada dikompleks candi termasuk kolam renang. Namun tidak perlu khawatir karena tiket masuk ke kolam renang ini cukup murah sekitar Rp 3.000,- per orang.

Setelah membayar tiket masuk, kami langsung memasuki kompleks kolam renang air panas. Kami disambut pemandangan sebuah kolam yang disekat bagian dangkal untuk anak-anak dan sekitar satu setengah meter untuk orang dewasa. Ukurannya tidak luas dan diperkirakan hanya dapat menampung 30an orang. Tidak ada pemisahan antara kolam renang untuk laki-laki dan perempuan. Didekatnya terdapat beberapa bilik kamar yang dapat digunakan untuk berganti pakaian atau mandi air hangat/panas.

Baca Juga  Tasya Jaya Ban Bantul, Jasa Vulkanisir Dan Tambal Ban

Suasana Kolam Air Panas

Tanpa menunggu lama kami langsung berganti pakaian dan berendam di kolam renang air panas. Bau belerang cukup tajam tercium apalagi bila kita dekat dengan pipa pensuplai air panas dari sumbernya. Suhu kolam renang air panas ini cukup panas, kami harus pelan-pelan beradaptasi agar tubuh bisa menerima suhu air panas. Meski kolam renangnya cukup sederhana, kami cukup nyaman untuk berendam di tempat ini. Bila membutuhkan ban karet, disediakan oleh pengelola kolam renang secara gratis.

Saya berendam di air panas kira-kira 20 menit dan tidak melebihi batas waktu yang dianjurkan untuk berendam. Meski kawasan ini baru saja dipugar dan dibangun, fasilitas pendukungnya menurut kami kurang lengkap. Sebut saja belum terdapat ruang bilas, kamar ganti pakaian, digunakan berbarengan dengan kamar mandi air panas, wc umum hanya tersedia satu buah, dan tidak disediakan rak atau loker tempat menyimpan barang bawaan. Semoga kedepannya pengelola dapat menambah fasilitas pendukung agar lebih nyaman dikunjungi. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat