Sajian Tongseng Ikan di Pemancingan Mina Raharja Sleman

Sajian Tongseng Ikan di Pemancingan Mina Raharja Sleman
2.5 (50%) 2 vote[s]

Pemancingan Mina Raharja Sleman adalah salah satu lokasi pemancingan air tawar yang juga menyajikan daya tarik kuliner. Di daerah Sleman sendiri bermunculan beberapa lokasi pemancingan yang menarik segmen tertentu. Gulai ikan merupakan daya tarik kuliner yang diunggulkan warung pemancingan ini disamping hidangan lain yang banyak ditemui di kawasan pemancingan yang lain. Rasa yang ditawarkan sungguh unik karena biasanya orang menikmati gulai dengan bahan penyusun dari daging kambing atau sapi.

Warung dan Pemancingan Ikan Mina Raharja (Mi-Rah) beralamat di Desa Wisata Karangasri, Dusun Karanggeneng,  Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Pemancingan Ikan Mina Raharja Dari Depan

Akses menuju Pemancingan Mina Raharja paling mudah melewati Jalan Palagan Tentara Pelajar Sleman atau dari Monumen Jogja Kembali mengikuti jalan ke arah utara yang naik perlahan-lahan. Beberapa kilometer berselang, carilah perempatan kecil yang terdapat papan petunjuk arah Desa Wisata Karangasri. Dari perempatan tersebut, kendaraan dipaksa melewati jalan sempit dan terdapat banyak tikungan. Bila telah tiba di kawasan Desa Wisata Karangasri, lokasi Pemancingan Mina Raharja berada di samping lokasi outbound.

Warung dan Pemancingan Mina Raharja tampak sederhana dan sama seperti lokasi pemancingan umum. Bagian depan difungsikan sebagai warung sekaligus dapur untuk mengolah makanan. Sedang kolam ikan dibangun disebaliknya dan memanjang beberapa puluh meter ke belakang. Di sekeliling kolam dibangun gubug-gubug sederhana sebagai tempat bersantai dan tempat menikmati menu makanan yang tersedia. Beberapa pemancing tampak menempati sudut-sudut kolam yang tampak teduh.

Baca Juga  Menyusuri Aliran Air di Tebing Bukit Srunggo Bantul

Kolam Pemancingan Mina Raharja Sleman

Jangan membayangkan Warung Pemancingan Mina Raharja seperti pemancingan mewah dengan beragam fasilitas yang lengkap. Anda tidak akan menemukannya di warung pemancingan ini. Untuk kedepannya pun nihil akan dibangun dengan beragam fasilitas seperti wisata pemancingan karena disampingnya telah terdapat area khusus untuk kegiatan outbound yang cukup menarik dan lebih luas.

Ikan Bawal Goreng Warung Pemancingan Mina Raharja Sleman

Menu makanan Warung Pemancingan Mina Raharja hampir sama dengan menu warung pemancingan yang lain. Beragam olahan hasil ikan air tawar disajikan oleh warung ini dengan kondisi ikan yang masih segar. Sebut saja ikan nila goreng, ikan gurame goreng, ikan lele goreng, dan sebagainya. Meskipun sederhana, daya tarik masakan dari warung pemancingan sebenarnya dari kondisi ikan yang masih segar langsung dari kolam.

 

Diantara menu olahan ikan air tawar yang disediakan oleh Warung Pemancingan Mina Raharja, ada sebuah menu yang membuat kami tertarik yaitu Tongseng Ikan. Nama Tongseng yang sebelumnya melekat pada masakan berbahan dasar daging kambing ini tersedia dengan daging ikan (air tawar). Bumbu tongseng yang digunakan pada Tongseng Ikan sama dengan bumbu tongseng kambing pada umumnya. Rasa Tongseng Ikan sungguh nikmat, unik, dan cocok sebagai variasi menu apabila jenuh dengan menu-menu olahan ikan air tawar pada umumnya.

Tongseng Ikan Khas Warung Pemancingan Mina Raharja Sleman

Secara keseluruhan Warung Pemancingan Mina Raharja cocok sebagai wisata kuliner alternatif sekitar Sleman dan Yogyakarta. Menunya cukup lengkap dengan harga yang lumayan murah dibandingkan warung pemancingan yang telah terkenal di sekitar Sleman. Kekurangannya akses jalan cukup rumit untuk menuju ke tempat ini dan kita harus bersabar menunggu pesanan makanan yang cukup lama untuk disajikan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung dan Pemancingan Ikan Mina Raharja (Mi-Rah)
Desa Wisata Karangasri, Dusun Karanggeneng, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Kirim pendapat