Pelabuhan Tanjung Gudang, Pelabuhan Perintis Di Utara Belinyu Bangka

Pelabuhan Tanjung Gudang, Pelabuhan Perintis Di Utara Belinyu Bangka
2.5 (50%) 2 votes

Pelabuhan Tanjung Gudang atau dikenal dengan nama Pelabuhan belinyu merupakan pelabuhan kapal perintis yang dibangun di perairan utara Pulau Bangka tepatnya di wilayah Belinyu. Pelabuhan ini sempat digunakan sebagai pelabuhan pelayaran nusantara dan sebagai kawasan pergudangan. Namun saat ini kondisinya mati suri karena jarang ada kapal yang berlabuh di tempat ini.

Pelabuhan Tanjung Gudang di kecamatan Belinyu, kabupaten Bangka, provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jarak sekitar 4 km dari ibukota kecamatan Belinyu.

Jembatan Penghubung Di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu Bangka

Lokasi Pelabuhan Tanjung Gudang berada di sebelah barat laut ibukota kecamatan Belinyu. Posisi pelabuhan ini berada di sebelah barat Pantai Tanjung Putat dan sebelah timur Mantung. Akses jalan menuju ke pelabuhan ini sudah cukup baik dan waktu tempuh perjalanan berkisar 10 (sepuluh) menit dengan kecepatan sedang.

Sejarah Pelabuhan Tanjung Gudang tidak diketahui mulai kapan digunakan sebagai pelabuhan kapal. Namun berdasarkan catatan sejarah yang ada pada era tahun 1920-andi sekitar pelabuhan ini telah berkantor ekspedisi muatan kapal milik Belanda yang bernama KPM dan kantor pengangkutan minyak semacam Pertamina milik Belanda yang bernama BPM.

Kapal Yang Bersandar Di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu Bangka

Pada tahun 1970an Pelabuhan Tanjung Gudang mulai dikenal ketika ada pengusaha kapal sukses asal Belinyu yang bernama Ajat. Armada kapal yang dimilikinya semuanya berlabuh di pelabuhan ini. Nama-nama armada kapal tersebut antara lain bernama Sederhana I hingga XII dan Kapal Apollo. Rute yang dilalui kapal-kapal milik Ajat adalah Palembang, Jakarta, dan Surabaya. Kapal tersebut selain membawa muatan barang juga sebagai kapal penumpang yang menghubungkan antara Pulau Bangka dengan Jakarta. Pada zaman dahulu transportasi laut menuju Jakarta hanya ada dua pilihan yaitu dari Pelabuhan Pangkal Balam di Pangkalpinang naik kapal bernama Sriwangka atau dari Pelabuhan Tanjung Gudang dengan menaiki kapal Ajat.

Sejak saat itulah Pelabuhan Tanjung Gudang mulai ramai digunakan sebagai pelabuhan pelayaran nusantara dan sebagai kawasan gudang. Tercatat pelabuhan ini pernah digunakan sebagai gudang bongkar muat, gudang pengolahan kaolin, gudang kayu, gudang pabrik pengolahan ubur-ubur. Kondisi pelabuhan tersebut masih berupa dermaga kayu yang masih sederhana.

Aktivitas Di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu Bangka

Namun pada era tahun 1980an, usaha transportasi kapalnya menurun dan hanya tersisa satu dua kapal yang masih beroperasi. Akibatnya beberapa pabrik pengolahan dan gudang akhirnya tutup dan saat ini sebagian sudah menghilang. Kondisi Pelabuhan Tanjung Gudang tidak seramai dahulu namun saat ini sudah disinggahi kapal penumpang milik PT Pelni.

Pemerintah Daerah Bangka kembali berencana menghidupkan Pelabuhan Tanjung Gudang sebagai pelabuhan bertaraf internasional. PT Pelindo menjadi salah satu investor yang menyetujui gagasan pembangunan tersebut. Namun hal tersebut perlu didukung oleh masyarakat mengingat rencana pembangunan yang ada akan mengambil lahan milik penduduk yang ada disekitar kawasan pelabuhan tersebut. (text/foto: annosmile)

Ada 39 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. luxsman:

    kapan ngajak aku gratisan budal mrono????

  2. oglek:

    wah jalan-jalan terus nih :D

  3. amri:

    mantap… good good

  4. suwung:

    mulai petualang lagi gan?

  5. haris:

    kamu ini jalan2 terus ya mas. enak banget. kapan2 ajak saya dunk :)

  6. gusmel perjaka tangguh:

    wah,, kumpul2 duit dulu.. menarik buat hunting….

  7. masnur:

    Jadi ingat pantai Kartini Rembang. Delapan bulan saya disana dan hampir setiap sore menikmati suasana sunset serasa tak pernah bosan. Pantai di sore hari memang membawa nuansa damai dalam hati.

    HAri ini di Bangka, rencana kemana lagi Mas? 

  8. ajengkol:

    Enaknya bisa jalan jalan terus hehehe

  9. noersam:

    wah…enak banget rek

  10. Pradna:

    mbok nganakno kontes hadiah piknik gratis koyok ngene

  11. mawi wijna:

    coba yang lagi lompat itu bukan orang tapi pesut :D

  12. Halaman Putih:

    Bikin kangen, pengen nyebur berenang lagi di laut yang seperti ini. Kalau Parangtritis, wah bahaya…

  13. pinkparis:

    Pulau Bangka sepertinya menarik :) pengen juga ikutan ekspor.

  14. Pencerah:

    sekali lagi hanya bisa mupeng

  15. nahdhi:

    Terlalu jauh untuk kesana….

  16. mel:

    hi,,makasih udh maen2 ke web aku..
    itu fun bgt kayanya,,,loncat dr tebing nyebur,,mau dunkkkk

  17. alpicola:

    wah,,Indonesia emang cantik,,makin bangga rasanya jadi org Indonesia.Negara yg banyak bikin iri tetangganya

  18. coolgle:

    wah……mau dunk touring kesna….

  19. xitalho:

    Bangka Belitung kalo soal keindahan pantainya emang moy banget….

  20. Ndoro Seten:

    jadi ingat kisahnya laskar pelangi……..

  21. the riza de kasela:

    Wow pasti seru ya Bang

  22. pakne galuh:

    bangka belitung menang benar-benar indah

    btw,aku seneng ama hasil jepretan photo terkahir itu.

  23. geblek:

    seru seru :)
    itu yg terjun kayaknya wenak banget

  24. nurrahman:

    wah sangar i, nduwe kaos seragam juga…hehe
    endi iki oleh2 seko magetan??

  25. rudis:

    wah ingin rasanya liburan kesana lagi

  26. wibisono:

    wah luar jawa,, jadi pingin ke sana,, palagi backpackeran..

  27. sunarno:

    jadi pingin juga jalan-jalan

  28. Itik Bali:

    Lumayan indah ya..kapan-kapan aku kesana ah

  29. Aribicara:

    LAma ga berkunjung nich aku :)

    Udah keliling berapa tempat wisata dirimu Bro ? :D

    Salam :)

  30. sewa mobil di surabaya:

    mau ikutan donk kalau berpetualangan ditempat-tempat yang indah.

  31. dafhy:

    suka banget sama foto yang paling bawah

  32. saifuna:

    tetep jalan jalan, jangan lupa jaga kelestarian lingkungan :)

  33. komuter:

    bosan karena sepi…
    bukannya malah menyenangkan??

  34. javanese:

    jalan-jalan terus nih……

  35. andif:

    kalau tidak salah pulang bangka itu tempat untuk syuting film laskar pelangi ya?
    pantainya indah banyak bebatuan..
    salam,

  36. Eros Ikut Paypal Bagi2 $100:

    wah baru renovasi ya mas
    masih sedep di pandang mata donk hehe

  37. mandor tempe:

    wooo jalan-jalan teruss, senengnya menikmati keindahan alam

  38. wi3nd:

    bikin n9ileerrrrrr..
    jalan2 muluuu annoo :)

    **uda lama nda travelin9 neeh :(

  39. ario saja:

    mantab pulaunya… heheheh jadi pengen kesana

Kirim pendapat