Pelabuhan Tamperan, Dermaga Nelayan Di Barat Kota Pacitan

Pelabuhan Tamperan, Dermaga Nelayan Di Barat Kota Pacitan
3.7 (73.33%) 3 votes

Pelabuhan Tamperan merupakan dermaga atau pelabuhan kapal nelayan yang dibangun di pinggiran kota Pacitan yang cukup dekat dengan laut. Keberadaannya cukup dikenal karena berdekatan dengan wisata unggulan Pantai Teleng Ria. Kawasan pelabuhan ini telah dibangun dan mampu digunakan untuk berlabuh kapal nelayan berukuran sedang.

Pelabuhan Tamperan terletak di dusun Tamperan, desa Sidoharjo, kecamatan Pacitan, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

salah-satu-sudut-pelabuhan-temperan-pacitan

Lokasi pantai atau Pelabuhan Tamperan berada di Teluk Pacitan atau tepatnya di sebelah barat Pantai Teleng Ria yang dibatasi oleh muara sungai. Rute termudah dari pusat kota Pacitan ke arah barat melewati Jalan Raya Pacitan-Pringkuku. Setelah melewati sebuah jembatan ada pertigaan kecil dengan papan petunjuk arah menuju ke dermaga pelabuhan Tamperan.

aktivitas-nelayan-pelabuhan-temperan-pacitan

Pelabuhan Tamperan dikenal sebagai Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan, Pacitan yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas usaha penangkapan ikan. Pelabuhan ini juga dikembangkan sebagai pasar ikan dimana ikan hasil tangkapan langsung diperjualbelikan di kawasan pelabuhan ini. Beberapa jenis ikan laut yang banyak didapat dari pelabuhan ini adalah ikan tuna, ikan tongkol, cumi-cumi, dan udang.

penimbangan-ikan-di-pelabuhan-temperan-pacitan

Aktivitas yang tampak di Pelabuhan Tamperan pada pagi dan sore hari adalah bongkar muat hasil tangkapan ikan dari para nelayan. Setelah kapal nelayan bersandar, hasil tangkapan dibawah ke tempat penimbangan ikan sebelum dijual ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) atau pasar ikan.

Kondisi Pelabuhan Tamperan terhitung bersih untuk ukuran pelabuhan nelayan tradisional dengan sedikitnya sampah yang terlihat di area pelabuhan ini. Selain itu tidak tampak tumpukan sampah yang mengotori air laut di sekitar pelabuhan. Hal ini tidak menimbulkan bau menyengat yang biasanya ditemukan pada pelabuhan yang kotor seperti Pelabuhan Muncar di Banyuwangi Jawa Timur. Secara keseluruhan Pelabuhan Tamperan dapat digunakan sebagai obyek wisata alternatif meskipun lebih serius digunakan sebagai dermaga pelabuhan nelayan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pelabuhan Tamperan
Dusun Tamperan, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*
Parkir Motor : -
Parkir Mobil : -

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. komunitas panahan:

    Sepertinya seru tuh kalo sambil mancing disana…

    • admin:

      Hi komunitas panahan,
      Kalau di pelabuhannya ga ada spot memancing, disarankan menyusuri jalan ke arah selatan lagi dibalik area bukit karang yang jaraknya kurang dari 500 meter

  2. Kinesio Tape:

    sumber kehidupan di sana :D

    semoga berkah aja lah

    • admin:

      Hi Kinesio Tape,
      Semoga nelayan di pantai ini makmur dan berkecukupan :-)

  3. yosef krisnadi:

    beberapa waktu lalu kesini, tapi kondisinya sepi banget. ga dapat foto aktifitas jual beli ikan saya mas :D

    • admin:

      Hi yosef krisnadi,
      Bisa diulang dilain waktu mas :-)

Kirim pendapat