Patung Sapi Raksasa, Daya Tarik Ikon Kabupaten Boyolali

Patung Sapi Raksasa, Daya Tarik Ikon Kabupaten Boyolali
3 (60%) 1 vote

Patung Sapi Raksasa merupakan ikon kota Boyolali sebagai daerah penghasil susu sapi segar. Patung ini dibangun di dalam Komplek Terpadu Pemkab Boyolali. Pembangunan patung ini selesai dibangun pada pertengahan tahun 2015 dan hampir bersamaan dengan bangunan lain di Komplek Terpadu Pemkab Boyolali.

Patung Sapi Raksasa (Gedung Lembu Sora) terletak di Komplek Terpadu Pemkab Boyolali, kelurahan Kemiri, kecamatan Mojosongo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57482.

Lokasi Patung Sapi Raksasa berada di dalam kawasan Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Boyolali. Rute termudah dari Jalan Raya Semarang-Solo atau Jalan Raya Boyolali-Solo langsung masuk ke Komplek Perkantoran Pemkab Boyolali. Ikuti petunjuk jalan menuju ke Alun-Alun Kidul yang letaknya berdekatan dengan patung tersebut.

Nama Patung Sapi Raksasa lebih dikenal dibandingkan nama aslinya sendiri yaitu Gedung Lembu Sora karena berbentuk sapi perah yang sedang duduk dibawah (Jawa: ndekem). Patung setinggi 11 meter ini dibangun di area tanah seluas 18 x 12 meter dengan luas bangunan sekitar 160 meter persegi. Pembangunannya menghabiskan anggaran biaya hingga Rp 2,7 miliar. Bangunan di dalam Patung Sapi Raksasa berisi ruangan seperti layaknya gedung bioskop dengan layar lebar dan tempat duduk sejumlah 48 kursi. Gedung atau ruangan tersebut hanya dibuka jika ada kunjungan tamu, terutama tamu VIP dari luar kota yang melakukan studi banding ke Boyolali. Adapun konten film yang ditampilkan berupa film pendek yang berkisah tentang potensi di Boyolali, baik bidang pariwisata, pendidikan, infrastruktur, hingga potensi-potensi lainnya. Patung ini cukup favorit dijadikan sebagai tempat foto dan nongkrong oleh wisatawan atau pengunjung selain berada di ikon Boyolali lain yaitu Patung Arjuna Wijaya. Hanya saja letaknya kurang strategis karena berada di dalam Komplek Perkantoran Pemkab Boyolali. Hal ini membuat sebagian orang yang baru pertama kali datang ke kota Boyolali sulit untuk mengaksesnya karena tidak ada papan petunjuk nama dan petunjuk arah kecualai arah menuju ke komplek pemkab. Secara keseluruhan Patung Sapi Raksasa dapat menjadi salah satu obyek wisata dan spot foto di pusat kota Boyolali. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Patung Sapi Raksasa
Komplek Terpadu Pemkab Boyolali, kelurahan Kemiri, kecamatan Mojosongo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57482

Kirim pendapat