Patung Kepala Dewa di GAP Nglanggeran

Patung Kepala Dewa di GAP Nglanggeran
Rate this post

Salah satu peninggalan purbakala yang ditemukan di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran adalah sebuah patung kepala dewa yang berlapis emas. Penemuan patung kepala dewa pada tahun 1956 ini oleh para arkeolog dan saat ini disimpan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta yang lokasinya berada di sebelah utara Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Patung Kepala Dewa berlapis emas ditemukan di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul.

Kondisi patung kepala dewa berlapis ini cukup terawat dan tersimpan aman di dalam etalase kaca museum. Keberadaan patung kepala dewa di Museum Sonobudoyo ini saya peroleh saat berkunjung ke kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Meskipun lapisan emas sudah banyak yang mengelupas, tekstur ukiran patung masih cukup terlihat jelas.

Patung kepala dewa ini dibuat dari logam perunggu yang dilapisi oleh emas, berbeda dengan arca yang tertinggal di halaman rumah penduduk dekat kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran yang merupakan arca batu. Bila dilihat secara kasat mata, patung kepala dewa tersebut merupakan patung Budha karena terlihat dari bentuk motif hiasan kepala. Namun dari penjelasan menunjukkan bahwa patung kepala tersebut merupakan lambang dewa Budha. Namun saya kurang begitu paham apakah ada kesamaan atau perbedaan antara Buddha dengan dewa Budha. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat