Patung Bulus Kiai Dhudha Di Sendang Seliran Kotagede

Patung Bulus Kiai Dhudha Di Sendang Seliran Kotagede
2.8 (55%) 4 votes

Patung Bulus Kiai Dhudha merupakan sebuah patung yang berada di dalam kompleks Sendang Seliran Kotagede. Patung ini diletakkan di tepi dinding pemisah antara Kompleks Sendang Seliran dengan Makam Raja-Raja Mataram Kotagede. Patung setinggi satu meter ini merupakan peringatan keberadaan bulus (kura-kura) di area sendang ini.

Bulus Kiai Dhudha merupakan kura-kura berwarna kuning keputihan ini pada mulanya ditemukan di Pantai Samas, Bantul pada tanggal 11 Desember 1973 oleh seorang nelayan setempat. Uniknya, kura-kura tersebut hanya memiliki tiga kaki. Temuan ini kemudian oleh Bupati Bantul diserahkan kepada penjaga Kompleks Sendhang Seliran Kotagede untuk dipelihara.

Patung Bulus di Sendang Seliran Kotagede

Menurut informasi pihak Kraton Yogyakarta, bulus atau kura-kura berwarna kuning keputihan adalah jenis satwa langka dan perlu dilindungi. Keanehan ciri-ciri fisik kura-kura tersebut, oleh masyarakat sekitar dianggap binatang yang gaib dan suci. Pada awalnya, di dalam Sendang Seliran Wadon tersebut dipelihara tiga ekor bulus (kura-kura) putih besar-besar. Mereka diberi nama Kiai Dhudha, Kiai Jaka, dan Mbok Rara Kuning. Ketiga kura-kura tersebut sekarang sudah mati, terakhir yang mati adalah bulus Kiai Dhudha. Untuk mengabadikan keberadaan Kiai Dhudha, dibuatlah patung Kiai Dhudha di timur laut Sendhang Seliran Kakung. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. airyz:

    hmmm, kirain masih ada bulusnya.

  2. ikhsan:

    anak cucunya kyai dhudha masih ada gak ya?

    • admin:

      tidak ada mas. itu yg terakhir kiai dhudha :-)

Kirim pendapat